Afifah, Anis Nur and ZUNAIDAH, FARIDA NURLAILA and WAHYUDI, WAHYUDI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING MATERI HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA KELAS V SDN GROGOL 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_18101100112.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100112_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_06_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100112_0730098803_0710059001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas yang dilakukan di kelas V SDN Grogol 1. Berdasarkan hasil observasi guru ketika mengajar hanya menggunakan buku saja, selain itu media yang digunakan hanya gambar sederhana. Selain itu, menurut hasil wawancara dengan siswa penyebab ketidakpahaman terhadap materi tersebut karena beban materi yang terlalu berat bagi usia mereka dan gambar yang ada dibuku kurang jelas sehingga membuat siswa kurang memahami materi. Maka dari itu diperlukannya modul berbasis experiential learning dalam pembelajaran tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V SDN Grogol 1? (2) Bagaimana kepraktisan Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V SDN Grogol 1? (3) Bagaimana keefektifan Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas V SDN Grogol 1? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran IPA berbasis Experiential Learning materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya kelas V SDN Grogol 1. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahapan pengembangan ADDIE (a) Analysis, (b) Design, (c) Development, (d) Implementation, (e) Evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkan modul berbasis Experiential Learning telah valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar materi hubungan antar makhluk hidup dan lingkungannya. Hasil validasi dari ahli modul mencapai 90% dan hasil validasi ahli materi mencapai 86%. Hasil rata-rata angket respon guru memperoleh skor 88% dan respon siswa skor 89,19%. Hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan dari jumlah siswa 23 siswa memperoleh rata-rata 86,96. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian bahwa modul berbasis experiential learning terbukti valid, praktis, dan efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Grogol 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Experiential Learning, IPA |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | mrs Anis Nur Afifah |
Date Deposited: | 10 Sep 2022 06:20 |
Last Modified: | 10 Sep 2022 06:20 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8388 |
Actions (login required)
View Item |