KRISPHIANTI, YUANITA DWI and Nurwulansari, Fenti Adelia (2022) Skala Kematangan Karier Siswa SMK. Nusantara Of Research (NOR), 9 (1). pp. 8-17. ISSN 2579-3063
Text
C.2.a.4 Artikel.pdf Download (2MB) |
|
Text
C.2.a.4 Peer Review.pdf Download (3MB) |
|
Text
C.2.a.4 Turnitin.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hasil studi pendahuluan menemukan bahwa kematangan karir siswa SMK tergolong rendah, antara lain a) siswa tidak memiliki rencana untuk kelanjutan karier setelah lulus sekolah, b) siswa tidak memiliki usaha untuk mencari informasi jurusan karier yang dipilih, c) siswa tidak tertarik membaca informasi tentang karier yang telah dipajang, dan d) siswa kesulitan memutuskan mau kemana dan apa yang harus dikerjakan ketika lulus sekolah. Peneliti perlu berupaya untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK. Untuk mengukur peningkatan kematangan karier dalam upaya tersebut, peneliti mengembangkan instrumen berupa skala kematangan karier siswa SMK yang valid dan reliabel. Oleh karena itu, artikel ini memaparkan uji validitas dan reliabilitas skala kematangan karier siswa SMK yang telah dikembangkan sendiri oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji validitas yang ditelah diberikan kepada 139 siswa kelas XI SMK Pemuda Papar, diperoleh 55 item skala yang valid dengan t tabel sebesar 0.166 dan tingkat reliabel sebesar 0.892. Dari 55 aitem valid, semua mewakili setiap indikator kematangan karier. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas instrumen, maka skala kematangan karier dapat digunakan untuk mengukur tigkat kematangan karier siswa SMK Pemuda Papar pada tahap penelitian selanjutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kematangan karier, skala |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 613 Humanities |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Yuanita Dwi Krisphianti |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 03:34 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 03:34 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4771 |
Actions (login required)
View Item |