Wahyudi, Satria and IRAWAN, RONY HERI and ROCHANA, SITI (2021) FUZZY K-MEANS DALAM PREDIKSI BANTUAN SEKOLAH SDN JABANG 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_55201_17103020074.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (566kB) | Request a copy |
Abstract
Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) merupakan bantuan langsung tunai kepada siwa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan tidak didasarkan pada beasiswa prestasi yang bertujuan untuk mengurangi beban orangtua dalam memenuhi kebutuhan siswa akan layanan pendidikan yang layak, menghindari putus sekolah, membantu memenuhi kebutuhan siswa dalam kegiatan pembelajaran, mendukung program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, serta membantu kelancaran program sekolah. Untuk menerima dana BSM pemerintah menetapkan beberapa kriteria agar siswa dapat diidentifikasi dan memenuhi syarat untuk mendapatkan BSM.Dalam penentuan calon penerima BSM pada SDN Jabang 1 menyortir berkas-berkas dan dengan pertimbangan oleh tim satu per satu secara manualmambutuhkan waktu serta tenaga. Oleh karena itu diperlukansistem pendukung keputusan untuk menentukan calon penerima BSM menggunakan metode Fuzzy K-Means dengan teknikpenglompokan data(Clustering). Dengan adanya sistem tersebut diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat dalam proses pengelompokanberdasarkan dari bobot kriteria yang sebelumnya sudah ditentukan sehingga dapat diputuskan siapa sajakah yang berhak untuk menerima bantuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bantuan Siswa Miskin (BSM), Fuzzy K-Means, Clustering |
Subjects: | 410 Engineering science > 458 Technical information 410 Engineering science > 462 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr. Satria Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 19:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 19:47 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/4026 |
Actions (login required)
View Item |