WINARKO, SIGIT PUJI and ASTUTI, PUJI (2018) ANALISIS PERENCANAAN LABA (MULTI PRODUK) DENGAN METODE COST-VOLUME-PROFIT PADA PERUSAHAAN PIA LATIEF KEDIRI. SEMINAR NASIONAL MANAJEMEN, EKONOMI, AKUNTANSI, 3. pp. 205-210. ISSN 978-602-51598-1-7
Text (Artikel)
62401_0710106402.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (Peer Review)
62401_0710106402_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (240kB) |
|
Text (Similarity)
62401_0710106402_SIMILARITY.pdf - Updated Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Untuk mencapai tingkat keuntungan yang maksimal, maka perencanaan laba perlu dilakukan, sehingga perusahaan dapat terarah dalam menentukan kebijakannya. Dengan adanya perencanaan, maka perusahaan dapat menentukan masing-masing produk yang akan dijual. Berbeda dengan perusahaan yang hanya menjual satu produk, maka perencanaan penjualan tidak terlalu rumit dibandingkan dengan yang menjual berbagai macam produk (multi produk). Dalam penelitian ini ada tujuan yang ingin yaitu menganalisis berapa break even point, contribusi margin, margin of safety, dan berapa penjualan yang ingin dicapai supaya mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Metode yang digunakan diskripsi kuantitatif, yaitu mendiskripsikan hasil penelitian yang berupa angka-angka, sehingga mendapatkan gambaran yang jelas. Sedangkan subyek penelitian pada perusahaan PIA LATIEF Kediri pada periode tahun 2017 dengan obyek produk pia basah dan pia kering. Metode pemisahan biaya semivariabel menggunakan metode titik tertinggi dan titik terendah. Perusahaan Pia Latief memproduksi dua jenis pia, yaitu pia basah dan pia kering. Hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 diperoleh break evenpoint pia basah sebesar 10.707 unit dan pia kering sebesar 6.227 unit. Contribution margin pada tahun 2017 sebesar Rp 1.873.010.837,- sedang secara rasio sebesar 55,2%. Margin of safety dari pia basah sebesar 96,21% sedangkan pia kering sebesar 96,2%. Untuk mencapai peningkatan keuntungan sebesar 5% di tahun 2018, perusahaan harus melakukan penjualan pia basah sebesar 296.072 unit dan pia kering sebesar 172.184 unit.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 562 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi |
Depositing User: | Puji Astuti |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:35 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 04:35 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3928 |
Actions (login required)
View Item |