Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Group Investigation dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Sistem Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri

PRASTYANINGTYAS, EFA WAHYU and WIDIAWATI, HESTIN SRI (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Group Investigation dengan Pendekatan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Sistem Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. EQUILIBRIUM Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 6 (2). pp. 102-203. ISSN 2502-1575

[img] Text (Artikel)
62401_0708037695.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
62401_0708037605_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text (Similarity)
62401_070803760_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
Official URL: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/equilibriu...

Abstract

Mata kuliah sistem akuntansi merupakan mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa pendidikan ekonomi. Observasi awal yang dilakukan peneliti menunjukkan buku ajar yang dimiliki mahasiswa masih belum memadai, sehingga proses pembelajaran belum bisa maksimal, khususnya bahan ajar yang berupa cetak. Penelitian dan pengem�bangan modul sistem akuntansi ini bertujuan untuk mewujudkan bahan pembelajaran praktis, efektif dan memiliki relevansi dengan kebutuhan mahasiswa. Modul pembelajaran sistem akuntansi yang dikembangkan berbasis group investigation sebagai produk penelitian. Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pembelajaran ini adalah Model Borg and Gall. Secara garis besar langkah penelitian pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu: 1) Tahap studi pendahuluan, 2) Tahap studi pengembangan, 3) Tahap Evaluasi. Data yang sudah dihasilkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil yang diperoleh bahwa modul pembelajaran berbasis group investigation dengan pendekatan problem based learning mata kuliah sistem akuntansi efektif ditinjau dari hasil pemahaman konsep dan hasil tes mahasiswa. Hal ini disebabkan karena modul yang dikembangkan dibuat secara menarik dengan bahasa komunikatif dan sederhana sehingga dapat dipahami oleh mahasiswa. Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Group Investigation, Problem Based Learning, Sistem Akuntansi

Item Type: Article
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 562 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Hestin Sri Widiawati
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:46
Last Modified: 06 Jul 2021 04:46
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3701

Actions (login required)

View Item View Item