KRISPHIANTI, YUANITA DWI and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and DHIAN P., IKKE YULIANI (2019) Perbedaan antara Penggunaan Focus Group Discussion (FGD) dengan Proses Ground, Understand, Revise, and Use (GURU) terhadap Efikasi Diri Karier Mahasiswa S1 Bimbingan dan Konseling. Nusantara of Research, 6 (1). pp. 33-40. ISSN 2355-7249
Text
C.1.c.5.b. PEER REVIEW_PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN FGD DENGAN PROSES GURU TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA S1 BK.pdf Download (1MB) |
|
Text
C.1.c.5.b. ARTIKEL_PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN FGD DENGAN PROSES GURU TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA S1 BK.pdf Download (4MB) |
|
Text
C.1.c.5.b. CEK PLAGIASI_PERBEDAAN ANTARA PENGGUNAAN FGD DENGAN PROSES GURU TERHADAP EFIKASI DIRI KARIER MAHASISWA S1 BK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Efikasi diri karier merupakan keyakinan akan kemampuan dalam melakukan suatu usaha untuk mendapatkan keinginan dan menjadi berhasil di masa yang akan datang. Efikasi diri karier sudah semestinya dimiliki oleh mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara PGRI (BK UNP) Kediri. Akan tetapi, fakta di lapangan ternyata hal ini menjadi problematik. Alternatif untuk meningkatkan efikasi diri karier mereka digunakan dua teknik yakni FGD dan Proses GURU. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang perbedaan penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 BK UNP Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre- posttest two treatment design . Populasi yang digunakan adalah mahasiswa tingkat 4 angkatan 2016/2017 sedangkan sampel yang digunakan 12 mahasiswa tingkat 4 angkatan 2016/2017. Pengumpula data dalam penelitian menggunaka skala efikasi diri karier. Analisa data menggunakan uji Man-Whitney dengan hasil sig 0,687 ≥ 0,05, yang berarti Ho diterima. Berdasarkan hasil analisa data maka kesimpulan yang bisa diambil adalah tidak ada perbedaan antara penggunaan FGD dengan Proses GURU terhadap efikasi diri karier mahasiswa S1 BK UNP Kediri. Saran yang bisa diberikan, (1) dua teknik ini bisa menjadi alternatif bagi dosen BK untuk meningkatkan efikasi diri karier mahasiswa, (2) peneliti selanjutnya bisa menggunakan dua teknik ini dalam meningkatkan variabel penelitian yang lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri karier, fgd, proses guru |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nora Yuniar Setya Putri |
Date Deposited: | 08 May 2021 07:17 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:20 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3545 |
Actions (login required)
View Item |