Konsep Pemasaran Untuk Usaha Baru Hidroponik Titik Tanam Minimum

HAKIMAH, EMA NURZAINUL (2018) Konsep Pemasaran Untuk Usaha Baru Hidroponik Titik Tanam Minimum. Ekonika, 4 (1). pp. 47-62. ISSN 2581-2157

[img] Text
61201_0727127801_Artikel_Jurnal Nasional_EKONIKA_Konsep Pemasaran Hidroponik.pdf

Download (338kB)
[img] Text
61201_0727127801_Lembar Peer review_Artikel_Jurnal Nasional_EKONIKA_Konsep Pemasaran Hidroponik.pdf

Download (766kB)
[img] Text
61201_0727127801_Similarity_Artikel_Jurnal Nasional_EKONIKA_Konsep Pemasaran Hidroponik.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/ekonika/iss...

Abstract

Kegiatan penelitian ini dilatarbelakangi kurang optimalnya pemasaran produk hidroponik yang dihasilkan mitra program PKM Hibah Kemenristek Dikti Tahun 2017 yaitu Pokja 4 TPPKK dan Posyandu Menur Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri Propinsi Jawa Timur. Keberhasilan budidaya tanaman hidroponik belum diikuti kemampuan memasarkan. Ketepatan konsep memasarkan diharapkan mampu memaksimalkan laba, ketika pranoto mongso pada lahan terbatas dengan titik tanam minimum dapat dilakukan oleh mitra. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana konsep pemasaran yang diterapkan pada usaha baru hidroponik?, yang dilakukan.oleh mitra yaitu Pokja 4 TPPKK dan Posyandu Menur Kelurahan Blabak Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui konsep pemasaran yang tepat dan efektif untuk penjualan produk hidroponik yang optimal dengan kondisi titik tanam yang terbatas. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, diharapkan dengan pengamatan secara langsung dan wawancara mendalam kepada mitra sebagai informannya. Informan yang dipilih telah memenuhi kriteria 5 R (relevance, recomendatioan, rapport, readiness, dan reassurance). Dari wawancara mendalam dan pengamatan, data divalidasi melaui uji validitas internal (credibility), validitas eksternal (transferability), reliabilitas (dependability) dan confirmability dengan teknik triangulasi. Teknik analisis fenomenologi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis fenomenologi trancendental. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan konsep pemasaran yang selanjutnya konsep pemasaran tersebut disebut sebagai konsep pemasaran sosial dan relasional, yang menekankan pada networking, personal selling dan direct selling dengan media pemasaran berupa media sosial seperti facebook, whats app, instagram. Kata kunci: Konsep Pemasaran Sosial dan Relasional, hidroponik

Item Type: Article
Subjects: 550 Economics > 571 Management
550 Economics > 574 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen
Depositing User: Ema Nurzainul Hakimah
Date Deposited: 07 Jun 2021 01:54
Last Modified: 07 Jun 2021 01:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item