Fawzi, Dheva Artandima and HIMAWANTO, WASIS and ZAMAWI, ANID (2021) PERAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. PERAN SARANA DAN PRASARANA OLAHRAGA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN KAUMAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. (Unpublished)
Text (Similiarity)
RAMA_85201_16101090039_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) |
|
Text (Full text)
RAMA_85201_16101090039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) |
|
Text (References)
RAMA_85201_16101090039_0723128103_0730048903_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_85201_16101090039_0723128103_0730048903_07_lamp.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum diketahuinya kondisi dan kelengkapan sarana prasarana pendidikan jasmani serta peran sarana dan prasarana Pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri SD Negeri di wilayah Kecamatan Kauman Tulungagung dalam menunjang proses pembelajaran Pendidikan jasmani. Untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani harus memperhitungkan antara keberadaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam kondisi yang baik dengan jumlah siswa yang akan melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetauhi keberadaan, kondisi, dan status kepemilikan serta peran sarana dan prasarana pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri wilayah Kecamatan Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian sarana dan prasarana Pendidikan jasmani. Populasi penelitian SDN di wilayah Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung sejumlah 31 SDN. Sampel diambil sebanyak 8 SDN yang mewakili tiap wilayah. Instrument penelitian berupa lembar observasi sarana dan prasarana Pendidikan jasmani. Analisis menggunakan deskriptif kualitatif dengan dipersentase kemudian dikategorikan berdasarkan rentang norma. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat 1 SD yang masuk dalam kategori kurang dengan perolehan persentase 12,5%. Terdapat 5 SD masuk dalam kategori sedang dengan persentase 62,5%. Dalam kategori baik terdapat 1 SD dengan persentase sebanyak 12,5%. Masuk dalam kategori sangat baik terdapat 1 SD dengan perolehan persentase sebanyak 12,5%. Kesimpulannya bahwa sarana dan prasarana pendidikan jasmani berada pada kategori sedang sebesar 62,5%. Sedangkan prestasi Pendidikan jasmani diketahui jumlah prestasi pendidikan jasmani dalam kategori kurang terdapat 3 SD dengan persentase sebanyak 37,5%. Dalam kategori sedang terdapat 1 SD dengan persentase sebanyak 12,5%. Kemudian dalam kategori baik terdapat 4 SD dengan persentase sebanyak 50%. Dapat disimpulkan bahwa prestasi Pendidikan jasmani berada dalam kategori baik sebesar 50%. Sarana dan prasarana serta fasilitas dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani sangat penting keberadaannya. Dengan kelengkapan sarana dan prasarana serta fasilitas tersebut akan menjadikan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran Pendidikan jasmani akan tercapai dengan maksimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 764 Sports coaching education 710 Education science > 765 Sports science 710 Education science > 766 Sports and other health education not yet listed |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr. Dheva Artandima Fawzi |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 08:54 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 08:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3295 |
Actions (login required)
View Item |