ANALISIS MANAJEMEN KREDIT DALAM UPAYA MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BPR JWALITA TRENGGALEK

Wahyuni, Yayuk and WIDIAWATI, HESTIN SRI (2018) ANALISIS MANAJEMEN KREDIT DALAM UPAYA MEMINIMALKAN KREDIT BERMASALAH PADA PT. BPR JWALITA TRENGGALEK. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi & Akuntansi (SENMEA). pp. 275-282. ISSN 978-6012-51598-1-7

[img] Text (Full text)
62401_0708037605.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Similarity)
62401_0708037605_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
62401_0708037605_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senme...

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kredit bermasalah memiliki resiko tinggi bagi kelangsungan hidup perbankan jika tidak dikelola dengan baik. Untuk menghindari kredit bermasalah diperlukan suatu pengelolaan atau manajemen kredit dalam menjalankan aktivitas pemberian kreditnya, dengan adanya analisis manajemen kredit sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada PT. BPR Jwalita Trenggalek akan dapat meminimalkan terjadinya kredit bermasalah. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen kredit yang dilakukan dalam upaya meminimalkan kredit bermasalah? (2) Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah? (3) Bagaimana penanganan kredit bermasalah?. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi catatan penting yang mendukung dalam pengolahan data mengenai manajemen kredit. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) PT. BPR Jwalita telah menjalankan manajemen kredit mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, (2) Faktor-faktor yang menyebabkan kredit bermasalah adalah disebabkan oleh kesalahan debitur yaitu kegagalan usaha debitur, masalah keluarga, dan masalah yang tidak terduga, (3) Penanganan kredit bermasalah dilakukan dengan memperhatikan i’tikad baik nasabah serta dilakukan dengan Rescheduling, Reconditioning, kebijakan kombinasi dan eksekusi jaminan.

Item Type: Article
Subjects: 550 Economics > 560 Economics
550 Economics > 562 Accounting
550 Economics > 564 Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi
Depositing User: Hestin Sri Widiawati
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:08
Last Modified: 08 Feb 2021 06:08
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item