Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri

LESTARININGRUM, ANIK and WIJAYA, INTAN PRASTIHASTARI (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA, 8 (2). pp. 66-73. ISSN 2089-1431

[img] Text
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Uji Plagiasi Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review TK Negeri Pembina.pdf

Download (517kB)
Official URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/index

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang sudah dilakukan ditemukan permasalahan terkait konsep pembelajaran yang berbasis budaya lokal dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan belum tertuang di perangkat pembelajaran yang dibuat guru sementara di KTSP sudah tertuang pelaksanaan konsep tersebut. Permasalahan tersebut diatasi dengan menyusun desain pengembangan model pembelajaran dengan guru di TK Negeri Pembina Kota Kediri terkait pembelajaran berbasis budaya lokal tersebut dapat tertuang di perangkat pembelajaran mulai dari Prosem, RPPM dan RPPH. Tujuan Penelitian ini adalah; (a) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan model pembelajaran berbasis sosial budaya di TK Negeri Pembina Kota Kediri, (b) Mengetahui prototipe pengembangan model pembelajaran berbasis sosial budaya. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah guru dan anak. Proses analisis data yang dilakukan yaitu menganalisis data secara gambaran deskriptif dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Adanya tingkat kebutuhan Pengembangan Model Pembelajaran berbasis budaya lokal guru memahami akan pentingnya menyusun perangkat pembelajaran sesuai konsep memasukan budaya lokal sesuai karakteristik anak; (b) Konsep bentuk desain pengembangan model pembelajaran terdiri atas dua konsep yaitu konsep dasar filosofi model dan konsep dari implementasi model. Setelah melalui proses analisis data tingkat validitas isi dinyatakan pengembangan model pembelajaran berbasis budaya lokal sudah menuhi aspek praktis sehingga layak digunakan.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Anik Lestariningrum
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:25
Last Modified: 06 Oct 2020 06:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2510

Actions (login required)

View Item View Item