PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK PENGUASAN KETERAMPILAN DASAR SEPAKTAKRAW PADA SISWA PEMULA SMPN 6 KOTA KEDIRI

SUKMANA, ABDIAN ASGI (2014) PEMBELAJARAN INKLUSI UNTUK PENGUASAN KETERAMPILAN DASAR SEPAKTAKRAW PADA SISWA PEMULA SMPN 6 KOTA KEDIRI. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL 2014 "Autokritik Implementasi Kurikulum 2013". Universitas Nusantara PGRI Kediri, Kediri, pp. 82-87. ISBN 2338-0713

[img] Text
prosiding_semnas_fkip_unpkediri_2014 Net.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Uji Plagiasi PEMBELAJARAN_INKLUSI_UNTUK_PENGUASAN_KETERAMPILAN (8%).pdf

Download (763kB)
[img] Text
Peer Review Pembelajaran Inklusi.pdf

Download (210kB)

Abstract

Tujuan pembelajaran: (1) menarik minat anak dalam penguasaan ketrampilan dasar sepaktakraw, (2) menemukan cara termudah penguasaan ketrampilan dasar sepaktakraw pada siswa pemula yang baru mengenal ketrampilan sepaktakraw. Metode dalam proses pembelajaran ini menggunakan metode pembelajaran inklusi yang berarti anak dengan bebas menentukan jenis, ruang gerak dan pilihan dalam menguasai ketrampilan dasar sepaktakraw sesuai dengan performa atau kemampuan anak, yang mana Guru atau Pelatih terlebih dulu menentukan tujuan tugas pembelajaran dengan menyiapkan peralatan, ruang dan suasana pembelajaran yang dibutuhkan anak dalam belajar ketrampilan dasar sepaktakraw. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan pengamatan hasil tes ketrampilan pada siswa pemula dalam proses belajar sepaktakraw. Kesimpulannya, bahwa pembelajaran menggunakan gaya inklusi pada penguasaan ketrampilan dasar sepaktakraw ternyata lebih baik dalam proses dan hasilnya lebih cepat dalam hal siswa menguasai ketrampilan dasar yang terdiri dari passing, serve, dan smash di bandingkan menggunakan gaya lainnya diantaranya gaya latihan maupun gaya komando yang umum digunakan pada proses pembinaan cabang olahraga yang menuntut prestasi. Hasil passing yang memenuhi target di atas nilai sentuhan 5 adalah 14 anak dari total 18, dan yang belum memenuhi target ada 4 anak yaitu di bawah nilai 5. Tes ketrampilan smash yang masuk dengan poin di atas 5 ada 12 anak dengan nilai di bawah 5 ada 6 anak.

Item Type: Book Section
Subjects: 340 Health sciences > 361 Sports science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Abdian Asgi Sukmana
Date Deposited: 13 Sep 2020 10:38
Last Modified: 13 Sep 2020 10:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2346

Actions (login required)

View Item View Item