Az Zahra, Efie Amalia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAMES PUZZLE KARIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2014010020.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 20 January 2025. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010020_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_01_front_ref.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 20 January 2025. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (242kB) |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 20 January 2025. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (450kB) |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 20 January 2025. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (449kB) |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 20 January 2025. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14kB) |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_06_Ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (148kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010020_0702068903_0716046202_07_Lamp.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only until 20 January 2025. Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangai oleh siswa kelas XI yang merasa mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan karir pada dirinya, kurangnya antusias dalam mengikuti kegiatan layanan Bimbingan dan Konseling di sekolah dan penggunaan metode layanan yang hanya dengan metode ceramah tanpa menggunakan media layanan yang menarik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan kemapuan pengambilan keputusan karir siswa kelas XI dengan mengembangkan media Board Games Puzzle Karir. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu R&D menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 tahapan pengembangan dan oleh peneliti dimodifikasi menjadi 6 tahapan yang terdiri dari Penelitian dan Pengumpulan Data, Perencanaan, Pengembangan Draft Produk, Uji Coba Lapangan Awal, Penyempurnaan Produk Awal, Uji Coba Produk Awal. Hasil validasi media oleh ahli media memperoleh skor 90, oleh ahli materi 90 dan oleh guru bimbingan dan konseling memperoleh skor 90,9. Berdasarkan kriteria kategorisasi hasil validasi termasuk dalam kategori sangat valid. Maka dapat disimpulkan media permaianan puzzle karir memiliki kategori sangat valid sehingga media tersebut dapat di implementasikan dan layak digunakan dalam layanan bimbingan dan konseling. Media juga praktis karena mudah digunakan dengan dukungnan android. Media ini juga efektif untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir, terbukti adanya peningkatan nilai rata-rata pre test 63,80 menjadi 93,00 ( post test) dan diperkuat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Media Board Games Puzzle Karir dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pada layanan Bimbingan dan Konseling dan berhasil menarik minat siswa, serta meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XI. Artinya dengan adanya media Board Games Puzzle Karir bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai media layanan dengan baik dan diharapkan bisa membantu untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan pengambilan keputusan karir yang dialami siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan,Media Board Games Puzzle Karir. |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | EFIE AMALIA AZ ZAHRA |
Last Modified: | 14 Mar 2025 08:24 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17902 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |