ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI MTS ZAINUL HASAN

Downloads

Downloads per month over past year

Aubryla, Helen (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI MTS ZAINUL HASAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86021_2014010019.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86021_2014010019_0728038306_0708068904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010019_0728038306_0708068904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010019_0728038306_0708068904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010019_0728038306_0708068904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010019_0728038306_0708068904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2014010019_0728038306_0708068904_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010019_0728038306_0708068904_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86021_2014010019_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil dari pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di era globalisasi yang semakin canggih ini banyak siswa yang menyalahgunakan penggunaan media sosial terlebih aplikasi TikTok. Para siswa baik pria maupun wanita rata-rata menggunakan aplikasi TikTok di dalam kehidupan sehari-hari mereka, yang tentu saja akan berdampak serius terhadap konsentrasi belajar mereka. Penggunaan media sosial yang kurang bijak dapat membawa pengaruh dari penggunanya, penggunaan media sosial harus bisa dibatasi terutama para pelajar atau siswa karena media sosial membawa dua pengaruh yaitu positif maupun negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apa yang membuat siswa tertarik untuk mendownload TikTok dibandingkan media sosial lainnya. (2) Mengetahui seberapa sering siswa dalam penggunaan TikTok. (3) Mengetahui konsentrasi belajar siswa dengan adanya TikTok. (4) Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan TikTok di kalangan para siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus. Metode pengambilan data ini menggunakan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MTS Zainul Hasan disimpulkan bahwa: (1) Aplikasi TikTok menawarkan berbagai filter yang menarik. (2) Dari keempat siswa bermain TikTok dengan durasi 3-5 jam bahkan sampai begadang dan melupakan waktu untuk belajar. (3) Keempat siswa akan merespon ajakan temannya untuk bermain TikTok dan akan kesusahan dalam menerima penjelasan materi pelajaran. (4) Keempat siswa kesusahan dalam menerima penjelasan dari guru dan ketika ada kegiatan kelompok mereka akan lebih asik untuk bermain TikTok. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bahwa, untuk guru jika siswa sudah merasa bosan dengan penjelasan yang monoton maka rubahlah gaya belajar yang lebih menyenangkan interaktif dengan cara memberikan selingan games di penyampaian materi tersebut. (2) Siswa juga bisa dibuatkan loker atau tempat khusus penyimpan handphone dan hanya bisa digunakan ketika jam istirahat berlangsung, jadi pada saat pembelajaran berlangsung siswa akan fokus pada materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi belajar, media sosial, tiktok
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Helen Aubryla
Last Modified: 11 Mar 2025 17:54
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17891

Actions (login required)

View Item View Item