Diana, Aning Kurnia Wahyu (2025) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86201_2014010030.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010030_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA__86201_2014010030_0712076102_0708068904_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010030_0712076102_0708068904_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (557kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010030_0712076102_0708068904_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (573kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010030_0712076102_0708068904_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (839kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010030_0712076102_0708068904_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86201_2014010030_0712076102_0708068904_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010030_0712076102_0708068904_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa di SMK PGRI 4 Kediri masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Hal ini ditunjukkan oleh siswa yang seringkali mengabaikan guru ketika sedang menjelaskan materi di depan, tidur di dalam kelas saat pembelajaran, tidak mau aktif ketika ada kegiatan yang diberikan oleh guru, sering meninggalkan kelas pada saat jam pembelajaran. Masalah rendahnya motivasi belajar tersebut tentunya perlu untuk mendapatkan penyelesaian. Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pre- eksperimental serta one group pretest posttest sebagai desain penelitiannya. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil yakni siswa kelas X TBSM SMK PGRI 4 Kediri. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala motivasi belajar, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 80,25 dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa sesudah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama sebesar 126,50. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar pada siswa sebesar 46,25. Selain itu pada uji wilcoxon menunjukkan nilai sig.(2-tailed) 0,011 < 0,05. Hal ini memiliki arti bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara sebelum dan setelah diberi treatment bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama. Dengan demikian Ha (bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar) diterima dan Ho (bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa) ditolak. Berdasarkan atas hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan penelitian ini direkomendasikan: (1) Guru bimbingan konseling dapat menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan kepada siswa juga bisa menambahkan kreativitas atau bervariasi lainnya sesuai kebutuhan siswa, sehingga tujuan dari layanan dapat berjalan lebih efektif dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Psikodrama |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Aning Kurnia Wahyu Diana |
Last Modified: | 07 Mar 2025 06:51 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |