WIDIAWATI, WIDIAWATI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS VII SMP PGRI 4 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_87205_2014030008.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_87205_2014030008_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (452kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2014030008_0007016201_0704038902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_87205_2014030008_000701620_0704038902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_87205_2014030008_000701620_0704038902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (823kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_87205_2014030008_000701620_0704038902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_87205_2014030008_000701620_0704038902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_87205_2014030008_000701620_0704038902_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (307kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_87205_2014030008_0007016201_0704038902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa proses pembelajaran masih terpusat pada guru, dengan penggunaan metode pengajaran yang monoton seperti ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila kurang, karena mereka menganggapnya sebagai mata pelajaran yang membosankan. Akibatnya, suasana kelas menjadi kurang kondusif dan pasif, ditandai dengan adanya perdebatan di antara siswa dan sebagian siswa tidak fokus saat guru menjelaskan atau memberikan pertanyaan. Akibatnya, hasil belajar Pendidikan Pancasila menjadi rendah karena kurangnya pemahaman materi yang diajarkan oleh siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri sebelum menggunakan model pembelajaran Two stay two stray (TSTS) Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri sesudah menggunakan model pembelajaran Two stay two stray (TSTS) Pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa modul ajar, lembar penilaian dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan data menunjukkan bahwa model pembelajaran two stay two stray (TSTS) berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dimana sebelum diterapkannya model pembelajaran two stay two stray (TSTS) menunjukkan nilai rata-rata 53 dan pada hasil posttest dimana sesudah diterapkannya model pembelajaran two stay two stray (TSTS) menunjukkan nilai rata-rata 84,85. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Diketahui hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri sebelum menggunakan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) melalui pretest diperoleh nilai rata-rata 53. (2) Diketahui hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri sesudah menggunakan model pembelajaran two stay two stray (TSTS) melalui posttest diperoleh nilai rata-rata 84,85. (3) menggunakan model two stay two stray (TSTS) terbuktti dapat berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran oendidikan Pancasila siswa kelas VII SMP PGRI 4 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Pembelajaran TSTS, Hasil Belajar. |
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Widiawati |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:51 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:51 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16912 |
Actions (login required)
View Item |