ANALISIS KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI

Budiani, Rosi and NINGSIH, RISANIATIN and SANCAYA, SETYA ADI (2024) ANALISIS KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_2014010044.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010044_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010044_0720018601_0712076102_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (787kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_ 86201_2014010044_0720018601_0712076102_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_ 86201_2014010044_0720018601_0712076102_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_ 86201_2014010044_0720018601_0712076102_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_ 86201_2014010044_0720018601_0712076102_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_ 86201_2014010044_0720018601_0712076102_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (430kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_ 86201_2014010044_0720018601_0712076102_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini mengusung latar belakang dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, terdapat ketertarikan siswa terhadap game online sampai berlebihan dan melupakan waktu untuk mengerjakan tugas dari guru bahkan tanggung jawab sebagai seorang pelajar. Sementara itu anak-anak yang sering bermain game online mudah marah, menghindari untuk berinteraksi sosial. Permasalahan pada penelitian ini ialah (1) Bagaimana gambaran kecanduan game online pada siswa SMK PGRI 4 Kediri? (2) Apa faktor-faktor yang menimbulkan kecanduan game online pada siswa SMK PGRI 4 Kediri? (3) Bagaimana dampak kecanduan game online pada siswa SMK PGRI 4 Kediri? (4) Bagaimana upaya penanganan kecanduan game online pada siswa SMK PGRI 4 Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian siswa di SMK PGRI 4 Kediri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap analisis data. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi kepada siswa dan guru BK. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah (1) Gambaran fenomena kecanduan game online di SMK PGRI 4 Kediri sangat memprihatinkan karena siswa mudah terpengaruh terhadap game online. (2) Salah satu faktor kecanduan game online ialah pengaruh kurangnya perhatian dan kasih saying orang tua. Pengaruh lingkungan yang akses internet nya lebih mudah dan pengaruh teman dilingkungan. (3) Dampak fatal yang ditimbulkan dari kecanduan bermain game online adalah siswa yang kecanduan game online sering mengalami perubahan mood, kecemasan, kurangnya tidur sehingga berangkat ke sekolah telat dan masalah seperti pengelihatan yang buruk sering dialami siswa yang kecanduan game online. (4) Upaya penanggulangan game online yang dilakukan oleh guru dalam menangani kecanduan game online ialah dengan membatasi siswa dalam penggunaan handphone di sekolah, melakukan sosialisasi kepada siswa tentang penggunaan smartphone yang baik dan benar. Selain itu, kegiatan sosialisasi tentang adanya dampak negatif dalam game online juga sangat penting bagi siswa agar mereka lebih mengetahui wawasan mengenai peran ketika kecanduan game online. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) untuk guru BK agar mendorong siswanya melakukan kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan yang mengalihkan perhatian mereka dari game online (2) Untuk siswa diharapkan tidak bermain hp terus menerus (3) untuk sekolah harusnya dapat memfasilitasi siswa yang mengikuti progam ekstrakulikuler dengan baik dan meningkatkan edukasi atau pemahaman tentang bahaya bermain game online secara berlebihan dikarenakan menimbulkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar dan berdampak terhadap buruknya nilai disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Game Online, Kecanduan, SMK PGRI 4 Kediri
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rosi Budiani
Last Modified: 20 Aug 2024 13:50
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16718

Actions (login required)

View Item View Item