PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SDN KUNJANG 3

Hidayatulloh, Mochammad Nur Alif (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS I SDN KUNJANG 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060079.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060079_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (497kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060079_0713118901_0719017501_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Bangun datar merupakan materi pembelajaran matematika yang sangat penting yang harus dikuasai siswa. Bangun Datar berguna untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah serta dapat mengembangkan keterampilan visual dan persepsi ruang siswa. Para siswa akan belajar mengidentifikasi dan membedakan bentuk-bentuk geometri, yang merupakan keterampilan berguna dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk seni dan desain.. Namun masih banyak siswa yang memandang bahwa matematika adalah pelajaran yang kurang menarik,sulit dipelajari,membingungkan, dan membosankan.Berdasarkan hasil observasi di SDN Kunjang 3, permasalahan tersebut disebabkan karena kesulitan siswa SD dalam memahami konsep bangun datar. Selain itu, belum optimalnya penggunaan media pembelajaran saat proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diadakan upaya perbaikan prakt ik belajar untuk mengubah pandangan negatif siswa terhadap matematika, salah satunya dengan memanfaatkan permainan tradisional yang semakin berkembang dalam membuat media pembelajaran yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran permainan yang berbasis board game. Tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan produk media permainan yang berbasis board game pada materi bangun datar untuk siswa kelas I SD yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis campuran yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Mengenai metode kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode analisis data kuantitatif diperoleh melalui angket validasi, angket kepraktisan, dan soal evaluasi. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis permainan ular tangga yaitu validasi materi diperoleh 86% sedangkan validasi media 90%. Untuk presentase kepraktisan diperoleh respon guru 100% sedangkan 97% untuk respon siswa. Pada kriteria ketuntasan secara luas diperoleh 88% dan pada uji kelompok kecil 86% dari hasil uji lapangan Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan berbasis board game dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Permainan, Bangun Datar.
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mochammad Nur Alif Hidayatulloh
Last Modified: 19 Aug 2024 05:22
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16494

Actions (login required)

View Item View Item