PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI RIMBI PADA MATERI BANGUN DATAR DI SDN MLANCU 2

Fachrunisa, Dian (2024) PENGEMBANGAN BOOKLET BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI RIMBI PADA MATERI BANGUN DATAR DI SDN MLANCU 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100166.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100166_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100166_0722039001_0713118901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (786kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100166_0722039001_0713118901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100166_0722039001_0713118901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100166_0722039001_0713118901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100166_0722039001_0713118901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100166_0722039001_0713118901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB)
[img] Text (Lampiran)
Dian Fachrunisa_86206_19101100166_0722039001_0713118901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dimana rata-rata hasil belajar matematika pada materi bangun datar dapat dikatakan cukup rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap matematika yang bersifat abstrak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar peserta didik kelas IV sekolah dasar? (2) Bagaimana kepraktisan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar peserta didik kelas IV sekolah dasar? (3) Bagaimana keefektifan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar peserta didik kelas IV sekolah dasar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket validasi, angket respon guru, dan soal evaluasi. Teknik analisis data dengan menganalisis hasil angket validasi, angket respon guru, dan hasil evaluasi soal. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan pada bahan ajar diperoleh presentase (1) Kevalidan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar memperoleh hasil validasi materi 94% dan hasil kevalidan bahan ajar 96%. (2) Kepraktisan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar dengan presentase 94%. (3) Keefektifan bahan ajar berbasis budaya lokal Jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar dengan presentase 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis budaya lokal jombang dalam prespektif etnomatematika pada materi bangun datar layak digunakan serta memenuhi kriteria untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Budaya Lokal Jombang, Matematika SD
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dian Fachrunisa
Date Deposited: 16 Aug 2024 15:05
Last Modified: 16 Aug 2024 15:05
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item