PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS QR - CODE MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GAYAM 3

Sofiaranti, Devi Afria (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS QR - CODE MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN GAYAM 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060236.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060236_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (317kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (189kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060236_0730098803_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Devi Afria Sofiaranti : pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis QR-Code Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Gayam 3. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, QR-Code, IPA Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, dari hasil observasi ditemukan beberapa permasalahan bahwa 1) Peserta didik merasa sulit memahami materi IPA karena penjelasan panduan dibuku siswa kurang efektif, 2) kurang kreatifnya guru dalam membuat LKPD karena guru hanya melihat dari buku siswa, 3) guru jarang membuat dan mengembangkan LKPD sebagai bahan ajar, 4) jika guru kesulitan memahami kegiatan yang ada di buku siswa guru menggunakan you tube sebagai bantuan, 5) siswa tidak memahami hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan di pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan LKPD yang sudah di kembangkan. Metode pengembangan yang digunakan dalam peneletian ini adalah Research and Development metode penelitian ini digunakan untuk mengembangkan dan menguji produk yang nantinya akan dikembangkan dalam dunia pendidikan. Sedangkan model yang digunakan pada konteks penelitian ini adalah model ADDIE. ADDIE terdiri atas lima tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implemetation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi ahli bahan ajar, ahli materi, angket respon guru, angket respon siswa, pretest, postest dan hasil praktikum.. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) Dinyatakan valid dengan hasil presentase 84% untuk validasi ahli materi dan ahli bahan ajar menunjukkan presentase 88%, kemudian diambil rata rata kedua validator dengan hasil 86% sangat valid. 2) Dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria kepraktisan angket respon guru mendapatkan presentase sebesar 88%, sedangkan pada angket respon siswa mendapatkan presentase sebesar 86%, dari hasil presentase yang diperoleh menunjukkan kriteria sangat praktis. 3) Dinyatakan efektif dengan memenuhi kriteria keefektifan dari hasil post-test diperoleh hasil ketuntasan sebebsar 90%. Selain itu juga diperkuat dengan hasil ketrampilan praktikum dengan rata-rata presentase per aspek yaitu 88% (sangat baik) untuk aspek Keikutsertaan dalam praktikum, 90% (sangat baik) untuk aspek Pelaksanaan prosedur praktikum, 87% (sangat baik) untuk aspek Pengunaan alat dan bahan praktikum, 90% (sangat baik) untuk aspek Hasil pengamatan, 87% (sangat baik) untuk aspek. Kesimpulan hasil praktikum dari hasil presentase tersebut menunjukkan kriteria sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahan ajar yang dikembangkan dikatakan layak untuk digunakan karena sudah memenuhi kriteria sangat valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, QR-Code, IPA
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Devi Afria Sofiaranti
Last Modified: 16 Aug 2024 07:12
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16014

Actions (login required)

View Item View Item