Ibrahim, Muhammad Saiful Adi (2024) GAME EDUKASI PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK ANAK KELAS 6 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_55201_2013020202.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (485kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (755kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (724kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_55201_2013020202_0720117501_0708028704_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi yang memperkenalkan huruf aksara Jawa kepada siswa kelas 6 di sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan pengembangan game interaktif, penelitian ini mengeksplorasi potensi game sebagai alat pembelajaran yang inovatif dalam memperluas pemahaman siswa terhadap aksara Jawa. Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik dan mendalam, dengan fokus pada kekayaan budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi game edukasi ini berhasil meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran aksara Jawa, serta memperkuat pemahaman mereka terhadap sistem keaksaraan Jawa yang masih kurang dikenal secara luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya penggunaan teknologi dalam mendukung pendidikan budaya lokal, serta perlunya pengembangan konten edukasi yang relevan dan menarik untuk generasi muda dalam menghadapi tantangan globalisasi saat ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aksara Jawa, Edukasi, Game |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika |
Depositing User: | Muhammad Saiful Adi Ibrahim |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15916 |
Actions (login required)
View Item |