Misbahuddin, Hajir (2024) PENGARUH MODEL MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN (MID) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 SDN MLANCU 2 KANDANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060281.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_2014060281_ SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (24MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060281_N0719048206_0730098803_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060281_0719048206_0730098803_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060281_0719048206_0730098803_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060281_0719048206_0730098803_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (828kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060281_0719048206_0730098803_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060281_0719048206_0730098803_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (382kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060281_0719048206_0730098803_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menegetahui pengaruh Model Meaningful Intructional Design (MID) Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sdn Mlancu 2 Kandangan. Teknik penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental design Dimana sampel yang digunakan untuk eskperimen maupun sebagai kelompok kontrol diambil secara random dari populasi yang sudah ditentukan. Penelitian ini menggunakan pretest dan postest untuk pengambilan data. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa Bahasa Jawa materi unggah-ungguh sulit dipahami bagi siswa kelas tiga SDN Mlancu 2 Kandangan. Ketertarikan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa sangat kurang, siswa merasa jenuh dengan model pembelajaran yang ada. Guru hanya menyampaikan materi dengan ceramah dilanjutkan dengan penugasan, sehingga siswa dituntut agar berperan aktif dalam proses pembelajaran, siswa berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran agar kebermaknaan belajar bisa diperoleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah model Meaningful Intructional Design berpengaruh dalam pembelajaran Bahasa Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN Mlancu 2 Kandangan? (2) bagaimana pengaruh model pembelajaran Meaningful Intructional Design dalam pembelajaran Bahasa Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN Mlancu 2 Kandangan? (3) adakah pengaruh model pembelajaran Meaningful Intructional Design dan model konvensional dalam pembelajaran Bahasa Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SDN Mlancu 2 Kandangan?. Populasi yang ada dalam penelitian ini difokuskan pada siswa kelas 3 SD Negeri Mlancu 2 Kandangan sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Mlancu 1 Kandangan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa pada setiap kelasnya. Variabel dalam penelitian ini menggunakan Dicovery Learning untuk menegtahui hasil belajar siswa dalam materi unggah-ungguh Pelajaran Bahasa Jawa kelas 3 SD Negeri Mlancu 2 Kandangan. Berdasarkan hasil penelitian melalui pretest atau sebelum menggunakan Model Meaningful Intructional Design diketahui nilai rata-rata yaitu 55,5 sedangkan melalui posttest atau sesudah menggunakan Model Meaningful Intructional Desig, diketahui bahwa nilai rata-rata sebesar 76. Nilai signifikansi menyatakan lebih kecil 0,05 yaitu 0,074, maka dapat dikatakan ada perbedaan yang signifikan antara hasil postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model Meaningful Intructional Design terhadap hasil belajar siswa Kelas 3 SD Negeri Mlancu 2 Kandangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Model. Meaningful Instructional Design (MID) Model, Learning Outcomes |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 610 Social sciences 580 Humaniora social science > 611 Social welfare sciences 580 Humaniora social science > 612 Sociology 580 Humaniora social science > 613 Humanities 580 Humaniora social science > 618 History (history) 580 Humaniora social science > 619 Cultural studies 580 Humaniora social science > 624 Other unspecified social fields |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Hajir Misbahuddin |
Last Modified: | 14 Aug 2024 19:50 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15523 |
Actions (login required)
View Item |