Pratama, Anggoro Bayu (0015) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL BOOK BERBASIS ISPIRING SUIT 9 dan WEB 2 APK DALAM MEMAHAMI TEKS NARASI FABEL PADA SISWA KELAS II SDN PARE 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060102.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060102_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701123806_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701128306_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701128306_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701128306_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701128306_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701128306_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060102_0728129001_0701128306_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Dari hasil data observasi dan wawancara pada guru kelas II di SDN Pare II dan dari hasil tes yang diberikan nilai rata-rata siswa di kelas II SDN Pare 2 adalah 80% siswa yang mendapatkan nilai dibawah kktp yaitu 60 dan 30% siswa yang mendapatkan nilai diatas kktp yaitu 80, untuk standart nilai KKTP di SDN Pare 2 yaitu 75. Hal ini dilatarbelakangi hanya menggunakan buku pelajaran sebagai media pembelajaran, dengan kondisi seperti ini tentu menjadikan pembelajaran kurang menarik, siswa menjadi lebih cepat bosan ketika hanya membaca materi bacaan yang panjang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran Digital Book berbasis Ispring suit 9 dan Web2 apk untuk memahami teks narasi fabel pada siswa kelas II SDN Pare 2? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran Digital Book berbasis Ispring suit 9 dan Web2 apk untuk memahami teks narasi fabel pada siswa kelas II SDN Pare 2? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Digital Book berbasis Ispring suit 9 dan Web2 apk untuk memahami teks narasi fabel pada siswa kelas II SDN Pare 2? Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran Digital book untuk siswa kelas II.Tujuan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut (1) Mengetahui keefektifan media Digital Book berbasis Ispring suit 9 dan Web2 apk untuk memahami teks narasi fabel pada siswa kelas II SDN Pare 2. (2) Mengetahui kepraktisan media Digital Book berbasis Ispring suit 9 dan Web2 apk untuk memahami teks narasi fabel pada siswa kelas II SDN Pare 2 . (3) Mengetahui kevalidan media Digital Book berbasis Ispring suit 9 dan Web2 apk untuk memahami teks narasi fabel pada siswa kelas II SDN Pare 2 . Pengembangan multimedia interaktif dilakukan dengan 5 tahapan ADDIE. Model ADDIE ini mempunyai 5 tahapan yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pare 2. Untuk mengukur kelayakan produk dalam penelitian ini dilakukan 3 uji kelayakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan kefektifan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui angket dan soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media dan ahli materi, media digital book ini dinyatakan layak untuk diimplementasikan. Adapun hasil validasi media adalah 91%, sedangkan hasil validasi materi adalah 90%. Jika mengacu pada tabel kriteria validasi dan kelayakan maka multimedia interaktif ini dinyatakan sangat valid; (3) Hasil uji coba yang dilakukan pada 38 siswa kelas II SDN Pare 2 adalah sangat efektif, karena persentase nilai hasil evaluasi yaitu 84,6%. Apabila mengacu pada kriteria tingkat keberhasilan siswa media digital book mendapat predikat sangat efektif. Dari hasil uji diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital book dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pmbelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, digital book, teks narasi fabel |
Subjects: | 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Anggoro Bayu Pratama |
Last Modified: | 14 Aug 2024 10:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15346 |
Actions (login required)
View Item |