Cahyati, Elis Nur (2024) PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN CHOOSING GAME BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86207_2014070013.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_2014070013_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (388kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_01_front _ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (912kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_06.Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (411kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_2014070013_0724038803_0711029001_07,Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didorong dari suatu hasil pengamatan peneliti dari beberapa sekolah Taman Kanak-kanak di Kediri peneliti telah menemukan beberapa permasalahan yang salah satunya yaitu dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah guru belum pernah menggunakan permainan berbasis PowerPoint. Hal ini dikarenakan keterbatasan fasilitas IT secara maksimal dan kemampuan sebagian anak di sekolah tersebut masih di bawah rata-rata yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui suatu pengaruh permainan choosing game berbasis PowerPoint dalam kemampuan berhitung pada anak usia dini. Permasalahan yang ada di dalam penelitian ini antara lain kemampuan berhitung sebagian anak masih dibawah rata-rata kelas yang diharapkan, sebagian besar anak masih belum bisa berhitung dengan baik dan benar, dan dalam kegiatan pembelajaran berhitung di sekolah siswa belum pernah menggunakan media media PowerPoint. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa pengaruh permainan choosing game berbasis PowerPoint terhadap kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun? Dalam penelitian yang telah dilakukan, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B TK Negeri Pembina sebagai kelas kontrol dan TK Sekolah Laboratorium sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 46 anak. 24 anak sebagai kelas kontrol dan 22 anak sebagai kelompok eksperimen. Penelitian dilakukan sebanyak tiga kali pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest soal numerasi yang berjumlah 10 soal.. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa nilai tes kemampuan berhitung anak pada kelompok kontrol memperoleh rata-rata 17,44. Sedangkan hasil tes kemampuan berhitung anak pada kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 30,11. Maka dari hasil posttest yang sudah dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan permainan choosing game terhadap kemampuan berhitung anak. Hal ini menunjukan bahwa dari hasil rata-rata yang diperoleh setelah melakukan posttest sebesar 12,67 yang artinya memiliki perbedaan yang signifikan sehingga pembelajaran berhitung menggunakan permainan choosing game lebih efektif untuk dilakukan dalam lembaga PAUD. Hasil kempulan berdasarkan dari penelitian ini, dapat dilihat bahwasannya pembelajaran dengan memakai permainan choosing game memiliki pengaruh yang baik dan berdampak terhadap hasil dari belajar anak khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: numeracy skills, choosing game, children aged 5-6 years |
Subjects: | 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 801 Early childhood education programs |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Elis Nur Cahyati |
Last Modified: | 13 Aug 2024 10:40 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15135 |
Actions (login required)
View Item |