PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS INFORMASI YANG DISAMPAIKAN PADA IKLAN KELAS V SD

Putri, Cindi Arjihan Desita (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS INFORMASI YANG DISAMPAIKAN PADA IKLAN KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (FULL TEXT)
RAMA_86206_2014060248.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (SIMILARITY)
RAMA_86206_2014060248_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_01_Front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (620kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060248_0708087703_0728129001_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi dan wawancara di SDN Kutorejo 2, terdapat permasalahan dalam hasil belajar peserta didik kelas V. Keterampilan menganalisis pada iklan dan kata kunci iklan (membaca) masih dikatakan rendah. Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat dan menarik menjadi penyebab permasalahan muncul. Sehingga memerlukan penelitian pembembangan media pembelajaran yang cocok untuk menjunjang proses pembelajaran. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan rumusan masalah sebagai berikut, 1) bagaimana kevalidan, 2) bagaimana kepraktisan dan, 3) bagaimana keefektifan media audio visual berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan keterampilan menganalisis informasi yang disampaikan pada iklan (iklan dan kata kunci iklan) kelas V SD ?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model penelitian ADDIE. Tahapan-tahapan tersebut yaitu : Analysis (analisis), Design (desain), Developmen (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Kutorejo 2 yang berjumlah 44. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) angket validasi materi dan media, 2) angket respon tenaga pendidik dan peserta didik, 3) hasil pretes dan posttes yang dihitung dengan menggunakan SPSS, terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil (1) kevalidan pengembangan pada produk dengan skor 82% untuk validasi ahli media dan 92% untuk validasi ahli materi. Media pembelajaran masuk dalam kategori sangat valid, (2) kepraktisan dari pengembangan produk dengan presentase respon tenaga pendidik diperoleh nilai 86% atau dapat dikategorikan mendapat respon sangat baik. Sedangkan hasil respon peserta didik menunjukkan presentase 91% atau dapat dinyatakan mendapat respon sangat baik, (3) keefektifan ditentukan dari hasil pretes dan posttes. Pada uji pra-syarat didapatkan uji normalitas terbatas 0,245> 0,05 dan 0,266 > 0,005, pada uji luas mendapatkan 0,149 dan 0,237. Pada uji homogenitas terbatas mendapatkan 0,87 > 0,05 dan uji luas 0,100 > 0,05. Lalu pada Uji T pretes dan posttes didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 pada uji terbatas dan 0,000 < 0,05 pada uji luas. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perlakuan yang signifikan pada pemberian media audio visual sebelum postes. Melalui hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa media audio visual berbasis aplikasi Canva sudah valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menganalisis informasi yang disampaikan pada iklan kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual berbasis aplikasi Canva
Subjects: 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cindi Arjihan Desita Putri
Last Modified: 12 Aug 2024 07:39
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14878

Actions (login required)

View Item View Item