Setiyowati, Yayuk (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIPASIA (SISTEM PERNAPASAN MANUSIA) BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060148.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060148_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (493kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (159kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (150kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060148_0713037304_0024086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri 1 Banaranwetan Kabupaten Nganjuk pada siswa kelas V. Dalam proses pembelajaran terdapat permasalahan yaitu kegiatan belajar mengajar menggunakan sumber belajar kurang bervariasi hanya berupa buku BSE dan LKS. Media pembelajaran yang digunakan hanya powerpoint. Guru menggunakan metode ceramah. Siswa pasif dalam proses pembelajaran. Nilai sumatif siswa pada materi sistem pernapasan manusia kurang dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran SIPASIA (Sistem Pernapasan Manusia) berbasis multimedia interaktif pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas V sekolah dasar? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran SIPASIA (Sistem Pernapasan Manusia) berbasis multimedia interaktif pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas V sekolah dasar? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran SIPASIA (Sistem Pernapasan Manusia) berbasis multimedia interaktif pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas V sekolah dasar?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran SIPASIA pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Banaranwetan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli, angket penilaian produk, dan soal evaluasi dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu (1) Media pembelajaran SIPASIA mendapatkan hasil dari validasi ahli media sebesar 97% dan hasil validasi ahli materi sebesar 91%. (2) Media pembelajaran SIPASIA dinyatakan praktis dan memperoleh hasil angket dari guru sebesar 98% (3) Media SIPASIA diuji keefektifannya melalui soal evaluasi dari uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata 85, sedangkan uji coba luas memperoleh nilai rata-rata 90. Nilai tersebut kemudian dihitung ketuntasan klasikalnya memperoleh hasil 100% tuntas dan memenuhi KKTP. Berdasarkan persentase maka media pembelajaran SIPASIA sangat efektif untuk digunakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah media pembelajaran SIPASIA dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dinyatakan valid, praktis, dan efektif membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Penelitian Pengembangan R&D |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Yayuk Setiyowati |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 14:07 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 14:07 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14743 |
Actions (login required)
View Item |