Ajikusuma, Kenanga (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE MELALUI ANALISIS SWOT PADA TOKO SUMBER MURAH MAOSPATI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_61201_2012010407.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (22MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_61201_2012010407_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (346kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (480kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (127kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_61201_2012010407_0716086403_0723117802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk bertindak cepat dan tepat. Para wirausahawan saat ini dituntut untuk dapat mengembangkan usahanya supaya usaha dapat maju dan berkembang. Hal ini menuntut para wirausahawan untuk berfikir secara kritis dan mencari cara mengembangkan usahanya melalui segala faktor yang mempengaruhi bisnis mereka. Jika bisnisnya sudah bisa dikatakan bagus maka secara tidak langsung akan meningkatkan market share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), ancaman (threats) dan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang efektif dalam meningkatkan market share pada Toko Sumber Murah Maospati. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi lapangan, wawancara, dan observasi untuk mengumpulkan data. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data, melakukan survei dan melakukan observasi langsung di lokasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, dan analisis SWOT, Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I strategi SO (Strenght-Opportunities) yang cocok untuk diterapkan di Toko Sumber Murah Maospati adalah mempertahankan harga yang sudah ditetapkan kepada konsumen, meningkatkan kualitas produk dan layanan, dan meningkatkan kegiatan marketing dan promosi dengan membuka toko online seperti shopee, tokopedia, bahkan juga bisa menambah fitur ads (iklan) pada media sosial Instagram dan Facebook untuk memperluas jangkauan pasar dan menjaga loyalitas konsumen. Kesimpulan dari hasil penelitian diatas bahwa strategi pengembangan usaha yang efektif dalam meningkatkan market share adalah strategi S-O, dengan mempertahankan kekuatan dan memanfatkan peluang yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pengembangan usaha, Market share, Analisis SWOT |
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 571 Management 550 Economics > 574 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen |
Depositing User: | Kenanga Ajikusuma |
Last Modified: | 06 Aug 2024 09:26 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/14347 |
Actions (login required)
View Item |