Afya', Zahara Afya' (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI YANG TERINTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL MATERI KEKAYAAN ALAM UNTUK SISWA KELAS 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060047.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060047_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (696kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + references)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (725kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (478kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (427kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060047_0713037304_0024086901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam proses pembelajaran berdiferensiasi masih jarang dilakukan, guru masih jarang menggunakan media pembelajaran yang mampu memenuhi karakteristik gaya belajar siswa. Proses pembelajaran masih berorientasi pada guru dan pada buku siswa yang didapat dari pemerintah. Pengumpulan dan penilaian produk juga belum mencakup potensi dan bakat masing–masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kevalidan modul ajar berdiferensiasi yang terintegrasi pembelajaran sosial emosional materi kekayaan alam untuk siswa kelas 4 SD, (2) untuk mengetahui kepraktisan modul ajar berdiferensiasi yang terintegrasi pembelajaran sosial emosional materi kekayaan alam untuk siswa kelas 4 SD, (3) untuk mengetahui keefektifan modul ajar berdiferensiasi yang terintegrasi pembelajaran sosial emosional materi kekayaan alam untuk siswa kelas 4 SD. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Riset and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan (4-D). Dengan subyek penelitian siswa kelas 4 SDN Burengan 2 Kota Kediri, SDN Wonocatur, dan SDN Plosorejo 1. Jumlah subjek uji coba terbatas 9 siswa dari SDN Burengan 2 Kota Kediri sedangkan uji coba luas berjumlah 15 siswa SDN Burengan 2 Kota Kediri, 15 siswa SDN Wonocatur, 15 siswa SDN Plosorejo. Penelitian dilakukan dalam dua tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba luas. Penelitian menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Instrumen analisis data menggunakan rumus presentase yang kemudian dituangkan dalam hasil penelitian yang berupa kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) kevalidan asesmen diagnostik gaya belajar siswa sebesar 84%, validasi ahli modul ajar sebesar 81,9%, validasi ahli materi modul ajar sebesar 96%, validasi praktisi sebesar 90%; (2) hasil kepraktisan modul ajar oleh guru SDN Burengan 2 sebesar 93%, guru SDN Wonocatur sebesar 96%, guru SDN Plosorejo 1 sebesar 90%; (3) keefektifan modul ajar sebesar 77% yang dinyatakan tuntas. Simpulan hasil penelitian ini adalah modul ajar berdiferensiasi ini dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Modul ajar beridferensiasi ini akan memberikan dampak terhadap keberhasilan pembelajaran siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar yang dapat memenuhi kriteria gaya belajar siswa. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus , untuk membuktikan apakah modul ajar berdiferensiasi yang terintegrasi pembelajaran sosial emosional ini layak digunakan untuk semua materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Ajar, Berdiferensiasi, Sosial Emosional |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Zahara Violina Afya' |
Last Modified: | 31 Jul 2024 12:40 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/13824 |
Actions (login required)
View Item |