Salsabila, Icha Anindya Vania and NINGSIH, RISANIATIN and KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERBUKAAN DIRI BERBASIS MEDIA PERMAINAN DAM QUIZ PADA PESERTA DIDIK TINGKAT SMP. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86201_19101010045.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (388kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (349kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_19101010045_0720018601_0717115901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_19101010045_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Keterbukaan diri sangat diperlukan untuk membangun hubungan interpersonal dengan individu lainnya. Dalam proses adaptasi dengan lingkungan sosial, seseorang harus mau untuk membuka diri sehingga kehadirannya dapat diterima dalam lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi instrumen keterbukaan diri peserta didik tingkat SMP. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Islam Al Huda Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D. Uji coba dilaksanakan terhadap 47 orang peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Aspek keterbukaan diri yang diukur dalam instrumen antara lain: keadaan emosional, hubungan interpersonal, pribadi, rasa/selera, seks, pemikiran, agama, masalah, dan pendidikan. Hasil analisis data ini bermakna bahwa instrumen keterbukaan diri peserta didik tingkat SMP dapat dinyatakan valid dan reliabel, sehingga dapat digunakan oleh guru BK serta peneliti BK untuk mengukur tingkat keterbukaan diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterbukaan Diri, Pengembangan Instrumen, Dam Quiz |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Icha Anindya Vania Salsabila |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 12:06 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 12:06 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12374 |
Actions (login required)
View Item |