GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4 SAMPAI 5 TAHUN

Wibowo, Mochamad Agung and WIDODO, DANANG WAHYU and PAMUNGKAS, DANAR PUTRA (2023) GAME EDUKASI PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4 SAMPAI 5 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_55201_19103020101.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_19103020101_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (41kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (872kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_19103020101_0720117501_0708028704_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (939kB) | Request a copy

Abstract

Kebanyakan game yang beredar saat ini memiliki bentuk permainan yang kurang mendidik, bahkan seringkali memiliki dampak negatif bagi penggunanya. Terutama bagi anak- anak yang belum bisa membedakan antara hal positif dan negatif. Anak usia dini lebih tertarik kepada permainan yang mudah dimainkan dan memiliki tampilan yang menarik dan bentuk gambar yang bervariasi. Ada beberapa masalah dalam penelitian ini yaitu, media pembelajaran yang digunakan masih bersifat tertuju pada buku dan Guru. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk membuat sebuah game edukasi pengenalan huruf Hijaiyah. Penelitian ini menggunakan metode waterfall untuk membantu dalam memulai merancang game ini. Didalam metode ini terdapat 5 tahapan yaitu Analisis kebutuhan sistem, pembuatan desain, implementasi, testing dan perawatan. Hasil penelitian ini adalah berhasil dibuat sebuah game edukasi pengenalan huruf Hijaiyah untuk anak usia 4 sampai 5 tahun, yang telah diuji melalui pengujian black box dengan menggunakan sampel sebanyak 10 anak dan telah melalui pengujian kuisioner sebanyak 10 responden dan memiliki persentasi 69% dengan indikator cukup setuju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, hijaiyah, waterfall
Subjects: 630 Religion and philosophy > 640 Science of religion (science) religion
630 Religion and philosophy > 641 Islam
710 Education science > 801 Early childhood education programs
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: Mochamad Agung Wibowo
Date Deposited: 27 Sep 2023 13:01
Last Modified: 27 Sep 2023 13:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item