IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PAPARAN IKLAN DARI MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sepriaditami, Ladyana Herawati and LAILA, ALFI and SANTI, NOVI NITYA (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PAPARAN IKLAN DARI MEDIA CETAK DAN ELEKTRONIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_16101100009.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_16101100009_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (138kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_16101100009_0708087703_0714118403_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (148kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100009_0708087703_0714118403_07_lamp.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (797kB) | Request a copy

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan implementasi model CTL pada materi mengidentifikasi informasi paparan iklan dari media cetak dan elektronik yang sudah diterapkan oleh guru. Metode dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif dengan menjabarkan data hasil wawancara dan data hasil penelitian yang didapat dari hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Kencong 1 dan 5 orang siswa yang dianggap memiliki nilai tertinggi dari hasil tes evaluasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa besar 80% siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM, siswa yang mendapatkan nilai <KKM sebesar 20%, itu artinya kemampuannya dalam mengidentifikasi informasi paparan iklan dari media cetak dan elektronik siswa nilainya sudah tinggi dan diatas KKM. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran CTL pada materi mengidentifikasi informasi paparan iklan dari media cetak dan elektronik sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi paparan iklan dari media cetak dan elektronik pada siswa kelas V sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CTL model, Identifying advertising exposure information from print and electronic media, Indonesian language learning in elementary schools
Subjects: 710 Education science > 741 Language, indonesian and regional literature education
710 Education science > 784 Electronics engineering education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Ladyana Herawati Sepriaditami
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:51
Last Modified: 24 Aug 2020 05:51
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item View Item