NUR'AGNY, EDTY RAHMADILA and WIDYADARA, MADE AYU DUSEA and FARIDA, INTAN NUR (2023) GAME EDUKASI PENGENALAN PENINGGALAN SEJARAH DI KEDIRI UNTUK ANAK-ANAK SEBAGAI MEDIA BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_55201_19103020177.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (14MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_55201_19103020177_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (43kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (932kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (421kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_55201_19103020177_0729088802_0704108701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran sejarah di sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir anak-anak. Namun, siswa pada tingkat ini cenderung lebih tertarik dan suka bermain permainan yang sesuai dengan minat mereka. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang menarik dan edukatif, salah satunya adalah menggunakan media game. Pada materi sejarah, siswa sekolah dasar mempelajari peristiwa penting dalam sejarah nasional dan lokal serta peninggalan bersejarah. Dalam konteks ini, penelitian ini menghadirkan game edukasi pengenalan peninggalan sejarah di Kabupaten Kediri sebagai solusi yang efektif. Game ini dirancang dalam bentuk aplikasi android dan menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) untuk menghasilkan urutan angka secara acak. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah dan memotivasi mereka untuk belajar lebih banyak tentang peninggalan sejarah di Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya edukasi dan minat siswa dalam mempelajari materi sejarah, serta menciptakan sistem pembelajaran yang efektif tanpa mengganggu proses belajar. Melalui game edukasi ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan tertarik pada peninggalan sejarah di Kediri. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi game edukasi yang menarik dan dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah serta meningkatkan minat mereka dalam belajar lebih banyak tentang peninggalan sejarah di Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game, edukasi, peninggalan sejarah Kediri, metode waterfall, unity, LCG, android, pengenalan. |
Subjects: | 410 Engineering science > 462 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika |
Depositing User: | Edty Rahmadila Nur'agny |
Last Modified: | 11 Aug 2023 16:25 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/11191 |
Actions (login required)
View Item |