Wulandari, Dewi Ayu and Zaman, Wahid Ibnu and Mukmin, Bagus Amirul (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DALAM MENENTUKAN PANJANG SATUAN BAKU PADA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_16101100015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (579kB) |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_16.1.01.10.0015_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (217kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_16101100015_713078602_0710059001_06_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_16101100015_713078602_0710059001_07_Lamp.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (780kB) |
Abstract
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diutamakan ditingkat Sekolah Dasar. Matematika bagi siswa SD berguna untuk kepentingan hidup dalam lingkungannya, untuk mengembangkan pola pikirnya, dan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang lainnya. Kegunaan atau manfaat matematika bagi siswa SD adalah sesuatu yang jelas yang tidak perlu dipersoalkan lagi, lebih-lebih pada era pengembangan ilmu pengetahuan dewasa ini. Pembelajaran matematika pada materi menentukan panjang dalam satuan baku masih terlihat kurangnya kemampuan guru pada saat penyampaian saat mengajar. Sehingga, siswa masih kesulitan menerima materi pada saat pembelajaran Matematika. Perlunya dilakukan pembenahan, terutama pada strategi pembelajaran sehingga siswa tersebut dapat menyelesaikan masalah secara langsung. Oleh karena itu untuk materi menentukan panjang dalam satuan baku dipilih sebuah strategi pembelajaran yang mampu membuat suasana belajar menjadi lebih aktif dan siswa terlibat secara utuh dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah Strategi pembelajaran Problem Posing. Strategi Problem posing merupakan istilah dalam bahasa inggris sebagai padanan katanya digunakan istilah pembentukan soal. Pembentukan soal atau pembentukan masalah mencakup dua kegiatan, yaitu: (1) pembentukan soal baru atau pembentukan soal dari situasi atau dari pengalaman siswa, dan (2) pembentukan soal dari soal lain yang sudah ada. Dengan strategi pembelajaran problem posing menuntut siswa agar mampu mengajukan suatu soal berdasarkan situasi yang diberikan melalui kegiatan diskusi kelompok. Tujuan dari pembuatan artikel ini akan ditujukan kelebihan dari strategi problem posing. Pada strategi pembelajaran problem posing juga diharapkan rencana kedepanya dapat menggunakan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus dan LKS untuk menerapakan dalam materi menentukan panjang dala satuan baku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | satuan baku, Problem posing, Pembelajaran Matematika,Proses Pembelajaran |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Dewi ayu Wulandari |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:01 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:01 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/996 |
Actions (login required)
View Item |