OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MENDESKRIPSIKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA WUJUD BENDA PADAT, CAIR DAN GAS MEMILIKI SIFAT TERTENTU PADA SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL

Gesnia Ayu Arisya, Gesnia Ayu Arisya and Sutrisno Sahari, Sutrisno Sahari and Abdul Aziz Hunaifi, Abdul Aziz Hunaifi (2020) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MENDESKRIPSIKAN HASIL PENGAMATAN BAHWA WUJUD BENDA PADAT, CAIR DAN GAS MEMILIKI SIFAT TERTENTU PADA SISWA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL. Diploma thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_13101100127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB)
[img] Text (similarity)
RAMA_86206_13101100127_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (215kB)
[img] Text (references)
RAMA_86206_13101100127_0713037304_0704078402_06_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (84kB)
[img] Text (lampiran)
RAMA_86206_13101100127_0713037304_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK : pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang baru di Sekolah Dasar. Pembelajaran yang semula berpusat pada guru, saat ini berubah menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Ternyata hal ini masih belum dilaksanakan dengan baik. Saat melakukan observasi di SD pada pembelajaran di kelas IV bahwa kemampuan mendeskripsikan hasil wujud benda padat, cair dan gas memiliki sifat tertentu guru masih menggunakan pembelajaran konvensional dan tidak menggunakan model pembelajaran, hal ini dalam proses belajar di duga belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata – rata dibawah 70. Agar pembelajaran siswa aktif dapat mengembangkan perangkat pembelajaran dan langkah-langkah pembelajaran dengan baik, maka perlu dilakukan pembenahan pada model pembelajaran yang diterapkan. Salah satu model pembelajaran dalam kompetensi dasar ini adalah Problem Based Learning (PBL). Model pembelajaran ini adalah model pembelajaran yang berbasis masalah. Langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu : (1) Dalam kegiatan awal, seperti biasa guru menyampaikan info materi serta tujuan pembelajaran; (2) Setelah masuk pada kegiatan inti, guru menyajikan sebuah masalah yang harus dipecahkan oleh siswa; (3) Secara berkelompok siswa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan bimbingan guru; (4) Hasil diskusi siswa di sharingkan kepada teman-teman satu kelas; (5) Setelah diskusi berakhir guru memberikan penguatan materi; (6) Guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama dan (7) Evaluasi. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran diskusi dan kerja kelompok. Studi ini adalah memberikan kerangka ilmiah dalam memperbaiki pembelajaran mendeskripsikan hasil pengamatan bahwa wujud benda padat, cair dan gas memilki sifat tertentu yang diharapkan siswa akan aktif dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan siswa, untuk menumbuhkan sikap kerjasama siswa, dapat mencapai ketuntasan konsep dan dapat memecahkan masalah secara kreatif dan logis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning,Pembelajaran tematik, Proses Pembelajaran
Subjects: 410 Engineering science > 455 Control engineering (or instrumentation and control)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs. GESNIA AYU ARISYA
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:02
Last Modified: 24 Aug 2020 06:02
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item