Den Ayu Putri, Pandan Sari and ITA KURNIA, ITA KURNIA and NURITA, PRIMASATYA (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA MELALUI TIKTOK PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_19101100045.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100045_SIMILARITY.pdf..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_19101100045_0701128306_0722039001_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (145kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100045_0701128306_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Media TikTok merupakan salah satu inovasi metode pembelajaran yang dinilai modern adalah kolaborasi antara strategi yang diimplementasikan oleh guru dengan informasi dan teknologi digital. Media TikTok dapat meningkatkan motivasi belajarnya sehingga bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia dan mengetahui hasil upaya peningkatan belajar siswa kelas V SD Lirboyo 2. Penelitian ini menggunakan metode penjabaran data secara deskriptif kualitatif dengan terori Kurt Lewin yang mana terdiri dari empat tahapan dan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa memahami penerapan aplikasi TikTok dalam materi keragaman budaya Indonesia 2) siswa menunjukan peningkatan hasil belajar materi keragaman budaya Indonesia berdasarkan implementasi dari TikTok. Dari kedua hasil itu menunjukan peningkatan nilai sebanyak 8,68 poin. Hasil ini juga menunjukkan adanya peningkatan rasa cinta tanah air dan budaya Indonesia pada siswa SD Lirboyo 2. Implementasi media pembelajaran. Melalui penelitian ini, peneliti mendorong pendidik atau guru agar mampu berinovasi menggunakan kemudahan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: TikTok; hasil belajar; keragaman budaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TikTok; Learning outcomes; cultural diversity. |
Subjects: | 580 Humaniora social science > 610 Social sciences 580 Humaniora social science > 619 Cultural studies 660 Art, design and media > 700 Media science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Den Ayu Putri Pandan Sari |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 13:37 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 13:37 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9545 |
Actions (login required)
View Item |