NURSALIM, NURSALIM (2013) PKn SEBAGAI PENDIDIKAN NILAI-MORAL DAN TANTANGANNYA. Prosiding Seminar Nasional, I (I). ISSN 2338-0713
Text
PROCIDING 2014 , PKn SEBAGAI PENDIDIKAN NILAI MORAL DAN TANTANGANNYA.pdf Download (222kB) |
Abstract
ABSTRAK Upaya untuk melestarikan nilai-nilai luhur bangsa sudah berlangsung sejak masa sebelum kemerdekaan dengan berbagai cara dan strategi yang digunakan pada saat itu yang tentunya menyesuaikan dengan kemampuan daya pikir dan kondisi. Setelah merdeka upaya untuk mencetak warga negara yang baik (good citizenship) semakin dianggap penting, terbukti dengan munculnya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam kurikulum. Meskipun nama dan materinya mengalami perubahan disesuaikan dengan perkembangan jaman dan pemerintahannya. Hal tersebut terjadi karena PKn adalah program dari pemerintah yang berkuasa pada saat itu. Tentu semuanya tujuannya adalah baik yakni untuk mencetak warga negara yang baik. Mencetak warga negara muda yang baik berarti mengajarkan dan mendidik nilai-nilai kepada anak. Mengajar dan mendidik nilai berarti membentuk moralitas kepada anak didik. Di era globalisasi ini, ada sejumlah tantangan yang dihadapi guru dalam membentuk warga negara yang baik. Tantangan itu bukan untuk kita hindari namun kita hadapi dan diselesaikan. Begitu banyaknya tantangan yang muncul, rasanya sudah saatnya kita merevitalisasi kembali materi pembelajaran PKn yang harusnya lebih mengedepankan nilai-nilai luhur Pancasila yang saat ini makin jauh dari kehidupan bangsa dan terutama anak-anak bangsa. Kehadiran PPKn dalam kurikulum 2013, semoga bisa menjawab sejumlah tantangan “character lost” pada anak didik kita.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 721 Pancasila and civic education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Nursalim Nursalim |
Date Deposited: | 15 May 2023 06:27 |
Last Modified: | 15 May 2023 06:36 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9515 |
Actions (login required)
View Item |