PITOYO, ANDRI (2015) Struktur Kata Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran. MEDIA PRESTASI Jurnal Kependidikan STKIP PGRI Ngawi, XV (2). pp. 119-124. ISSN 1979-9225
Text (Sampul, Redaksi, Daftar Isi, dan Artikel)
Struktur Kata Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran001.pdf Download (1MB) |
|
Text (Uji plagiasi)
Uji plagiasi Struktur Kata Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran.pdf Download (662kB) |
Abstract
Permasalahan dalam kajian ini menekankan pada proses pertemuan imbuhan meN- dan peN- dengan kata dasar- yang berawalan dengan fonem /k/, /p/, /t/, dan /s/. Kedua masalah tersebut, hanya sebagian kecil "sampel" dari masalahÂ-masalah atau gejala-gejala yang ada pada struktur bahasa Indonesia yang jumlahnya sulit diketahui secara pasti. Pada pembelajaran menulis (secara bahasa) dikaji permasalahan yang terkait dengan linguistik (bidang berbahasa). Hal ini secara garis besar memberi isyarat kepada guru, dan dosen agar mereka membimbing para pelajar akan hal-hal yang berkaitan dengan tata bunyi bahasa Indonesia, tata katanya, dan tata kalimatnya. Diharapkan, apabila bahan-bahan itu telah diberikan, para pelajar dapat menyusun kalimat bahasa Indonesia secara benar, baik yang menyangkut struktur kata-katanya maupun struktur kalimatnya, serta benar lafalnya, seandainya kalimat-kalimat tersebut dilisankan. Terutama perubahan bentuk kosakata dari bahasa asing karena bergabungnya dengan imbuhan meN- atau peN- sekiranya tidak menimbulkan hal-hal yang kurang menguntungkan terhadap perkembangan bahasa Indonesia sebaiknya ditinjau ulang. Saran ini ditujukan kepada para ahli tata bahasa lndonesia Mengingat Lembaga Bahasa itu merupakan PAMONG bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 500 Linguistics > 520 Linguistics 500 Linguistics > 521 Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Andri Pitoyo |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 06:49 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9487 |
Actions (login required)
View Item |