MUHARRAM, NUR AHMAD and SETIAWAN, IRWAN (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis atas Permainan Bolavoli Menggunakan Media Pembelajaran Alat Bantu pada Siswa Kelas X Smk Taruna Bakti Kertosono Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 2 (1). pp. 274-286. ISSN 2685-6921
Text (artikel)
kode_0716028902.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (950kB) |
|
Text (peer review)
kode_0716028902_peer review.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (487kB) |
|
Text (similarity)
kode_0716028902_similarity.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada peserta didik kelas X SMK Taruna Bakti Kertosono Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas X SMK Taruna Bakti Kertosono Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 19 peserta didik putra dan 9 peserta didik putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas ini prosentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. hasil analisis diperoleh peningkatan yang bertahap mulai dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar servis atas permainan bolavoli siswa prasiklus menunjukan dari 28 siswa secara aspek kognitif terdapat 8 siswa atau sebesar 28,57% yang tuntas sedangkan yang belum tuntas sebanyak 20 siswa atau sebesar 71,42% dan secara aspek psikomotor terdapat 7 siswa atau sebesar 25,00% yang tuntas. Kemudian hasil belajar servis atas permainan bolavoli yang ditunjukan siswa pada siklus I aspek kognitif menunjukkan peningkatan sebesar 28,57% dimana terdapat 16 siswa atau sebesar 57,14% masuk dalam kategori tuntas sedangkan untuk aspek psikomotor menunjukan peningkatan sebesar 35,71% dimana terdapat 17 siswa atau sebesar 60,71% masuk dalam kategori tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa lebih baik. Aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari siklus I dan 50,00% dari prasiklus sedangkan aspek psikomotor mengalami peningkatan sebesar 25,00% dari siklus I dan 60,71% dari prasiklus. Pada siklus II aspek kognitif terdapat 22 siswa atau sebesar 78,57% masuk kategori tuntas, 6 siswa atau sebesar 21,42 % siswa masuk kategori belum tuntas dan untuk aspek psikomotor terdapat 24 siswa atau sebesar 85,71% masuk kategori tuntas, 4 siswa atau sebesar 14,28 % siswa masuk kategori belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli pada siswa kelas X SMK Taruna Bakti Kertosono Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 260 Medical science > 276 Sports medicine 340 Health sciences > 361 Sports science 340 Health sciences > 381 Physiology (sports) 710 Education science > 760 Sports and health education education 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 764 Sports coaching education 710 Education science > 765 Sports science 710 Education science > 766 Sports and other health education not yet listed |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Irwan Setiawan |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 04:26 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 04:26 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9359 |
Actions (login required)
View Item |