Prastin, Maria Anggelina and Damayanti, Susi and Permana, Erwin Putera (2022) Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 5 (1). pp. 727-734. ISSN 2598-6139
Text
19. Artikel SEMDIKJAR 2022 2.pdf Download (983kB) |
|
Text
19. SIMILARITY SEMDIKJAR 2022 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
PEER REVIEW Pros 5 Jul 2022 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya siswa dalam memahami keragaman sosial budaya Indonesia, sulitnya siswa dalam menerima penjelasan dari guru, dan pembelajaran IPS membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk pengembangan media buku saku pada pembelajaran IPS materi keragaman sosial budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku saku memperoleh hasil 88% dari ahli materi, 95% ahli bahasa, dan 93% ahli media, maka dalam kevalidannya dikategorikan sangat valid. Pada kepraktisannya media buku saku mendapatkan skor dari hasil respon siswa sebesar 4,51 terletak pada rentang X>4,20, dan dikategorikan sangat layak. Dalam keefektifannya media buku saku mendapatkan hasil presentase sebesar 93% dan dikategorikan sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media pembelajaran buku saku sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erwin Putera Permana |
Date Deposited: | 05 Mar 2023 04:40 |
Last Modified: | 05 Mar 2023 04:40 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9265 |
Actions (login required)
View Item |