Carina, Silvia Yudha and ZAMAN, WAHID IBNU and BASORI, MUHAMAD (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR PADA MATERI RANTAI MAKANAN DI LINGKUNGAN SEKITAR UNTUK SISWA KELAS V SDN MRICAN 1. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (full text)
RAMA_86206_17101100071.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_17101100071_SIMILARITY.html.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (336kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1+ References)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (474kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
RAMA_86206_17101100071_0713078602_0721048003_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi di SDN Mrican 1 yang menunjukkan belum adanya pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi Rantai Makanan. Hal tersebut disebabkan guru hanya menjelaskan materi Rantai makanan dengan model pembelajaran konvensional serta tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa hanya mendegarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu dibutuhkan solusi berupa pengembangan media pembelajaran yang inovatif yang mampu memotivasi siswa untuk belajar. Sehingga siswa menjadi antusias dan semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran miniatur dipercaya mampu memberikan pengaruh positif dalam proses pembelajaran terkait materi Rantai Makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran miniatur materi rantai makanan untuk siswa kelas V SDN Mrican 1 yang valid. (2) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran miniatur materi rantai makanan untuk siswa kelas V SDN Mrican 1 yang praktis, dan (3) Untuk mengetahui pegembangan media pembelajaran miniatur materi rantai makanan untuk siswa kelas V SDN Mrican 1 yang efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yang bertujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran materi Rantai Makanan. Penelitian ini dikembangkan berdasarkan 5 tahapan yaitu, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subyek penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Mrican 1 yang berjumlah 10 orang siswa pada uji coba terbatas, dan 18 siswa pada uji coba luas. Uji coba produk dilakukan dengan pengambilan data melalui observasi dengan Teknik pengumpulan data berupa butir angket. Produk media pembelajaran dari penelitian ini yaitu media miniatur pada materi Rantai Makanan, setelah melakukan validasi ahli media dan ahli materi, hasilnya sudah memenuhi kriteria kevalidan media berdasarkan tabel kriteria kevalidan. Diperoleh data hasil validasi media jika presentase 81% - 100% termasuk dalam kriteria sangat valid dan sangat baik digunakan, sedangkan analisis data validasi ahli media menunjukkan 87%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran miniatur sangat baik digunakan. Sedangkan hasil validasi ahli materi menunjukkan presentase 88%, jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat valid. Hasil uji kepraktisan oleh guru dan siswa menujukkan presentase 97% yang menunjukkan pada kategori sangat praktis digunakan. Dan uji keefektifan oleh siswa menunjukkan presentase 86,9%, jadi dapat disimpulkan bahwa media miniatur yang dikembangkan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 733 Population and environmental education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Silvia Yudha Carina |
Last Modified: | 22 Feb 2023 03:08 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9183 |
Actions (login required)
View Item |