Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di Kelas Bagi Siswa Kelas 4 SD

Rimadhani, Wulan and KARIMATUS SAIDAH, KARIMATUS SAIDAH and MUHAMAD, BASORI (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Materi Fungsi Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan di Kelas Bagi Siswa Kelas 4 SD. Journal on Education, 05 (03). pp. 9251-9257. ISSN 2654-5497 dan 2655-1365

[img] Text (LOA Artikel)
LOA Wulan.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (Artikel)
Artikel PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATERI FUNGSI BAGIAN TUBUH HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS BAGI SISWA KELAS 4 SD.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (346kB) | Request a copy
Official URL: http://jonedu.org/index.php/joe

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran Monopoli pada Materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon Nganjuk 2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran Monopoli pada materi fungsibagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon Nganjuk 3) Bagaimanakah keefektifan media pembelajaran Monopoli pada materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon Nganjuk Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada penelitian dan pengembangan. Menurut Robert Maribe Branch (2009) dalam Sugiyono (2015: 38) “ADDIE merupakan perpanjangan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation”. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli. media, angket respon guru, angket respon siswa, pre-test dan post-test. implementasi media pembelajaran monopoli dilaksanakan uji coba, uji coba penelitian dilaksanakan di SDN Sanggrahan 2 Prambon. Hasil penelitian media pembelajaran Monopoli pada materi fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SDN Sanggrahan 2 Prambon melakukan uji kevalidan oleh ahli media dan materi, uji validasi materi dilakukan 2tahap yang pertama uji validasi oleh materi dengan skor 77% yang artinya masuk kriteria Valid. yang kedua uji validasi dengan skor 97 % artinya masuk kriteria Sangat Valid. untuk hasil uji validasi oleh media pembelajaran dilakukan 2 tahap, yang pertama uji validasi oleh media dengan skor 86,25 % artinya masuk kriteria Sangat Valid, yang kedua uji validasi oleh media dengan skor 88,75%. uji kepraktisan di validasikan oleh guru dan siswa, hasil uji kepraktisan oleh Angket Respon Guru mendapatkan skor 77,78%artinya masuk kriteria praktis dan mudah digunakan. Hasil uji keefektifan dilakukan dengan adanya pretest dan post-tes, dinyatakan Sangat Efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelidiki fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan. Dibuktikan dengan pencapaian KKM ≥70 soal Posttest 100 % siswa yang mampu mencapai KKM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kevalidan, Kepraktisan, dan Keefektifan Media Pmebelajaran Monopoli
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Wulansuci Rimadhani
Date Deposited: 26 Mar 2023 10:01
Last Modified: 26 Mar 2023 10:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item View Item