DESAIN PEMBELAJARAN MATERI GERAK REFLEK DAN GERAK BIASA

Firdhausi, Anisa Fatimatul and SULISTIONO, SULISTIONO and SANTOSO, AGUS MUJI (2023) DESAIN PEMBELAJARAN MATERI GERAK REFLEK DAN GERAK BIASA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (FULL TEXT)
RAMA_84205_18101060004.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_18101060004_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (388kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (777kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENCES)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
RAMA_84205_18101060004_0007076801_0713088605_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (927kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia budaya literasi masih cukup rendah, belum membudaya dan belum mendarah daging di kalangan mayarakat. Masyarakat lebih mudah menyerap kebiasaan berbicara dan mendengar dibandingkan dengan membaca dan menuangkannya ke dalam tulisan. Literasi dan numerasi merupakan pengetahuan dan kecakapan dalam berbagai angka maupun simbol dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari lalu menganalisis informasi yang didapatkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan lain sebagainya) menginterpretasikannya sebagai sebuah prediksi atau saat mengambil keputusan. Pada hasil observasi dan wawancara pada guru Biologi di SMA Negeri 5 Kediri, diketahui bahwa siswa kurang aktif dan mengantuk ketika proses pembelajaran biologi dikarenakan guru pada saat mengajar masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa akan menjadi jenuh dan kurang memperhatikan pelajaran. Berdasarkan pengamatan tersebut, upaya untuk mengatasinya dengan mengembangkan desain pembelajaran berbasis literasi numerasi. Model penelitian yang dilakukan merupakan model design research type validation study. Dengan tujuan mengembangkan Hypotical Learning Trajectory (HLT) dengan berdiskusi antara guru dan peneliti untuk mengembangkan teori – teori pembelajaran secara bersama – sama. Penelitian dilakukan di SMAN 5 Kediri, dengan subyek penelitian menggunakan kelas XI SMAN 5 Kediri. Dapat disimpukan bahwa desain pembelajaran materi gerak sadar dan gerak reflek berbasis literasi numerasi di mata pelajaran Biologi dapat membantu siswa memahami konsep materi gerak sadar dan gerak reflek pada sistem saraf. Peningkatan yang signifikan yaitu peningkatan pada hasil tes hasil belajar. Saat dilakukan pretest siswa mendapatkan hasil nilai yang rendah akan tetapi ketika dilakukan tahap posttest terdapat peningkatan nilai. Terdapat 16 siswa dengan kategori nilai tinggi, 14 siswa dengan nilai sedang, dan 4 siswa dengan nilai rendah. Dengan demikian penggunaan desain pembelajaran materi gerak sadar dan gerak reflek berbasis literasi dan numerasi bermanfaat bagi siswa maupun guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi dan numerasi, gerak refleks dan gerak biasa
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Anisa Fatimatul Firdhausi
Date Deposited: 13 Feb 2023 09:18
Last Modified: 20 Oct 2023 01:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/9031

Actions (login required)

View Item View Item