Wijayanti, Ida Dwi and WENDA, DHIAN DWI NUR and PUTRI, KHARISMA EKA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL POHON MISTERI PADA MATERI IPA TENTANG STRUKTUR TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 CENGKOK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100147.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (360kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (441kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (77kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_06_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100147_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (214kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100147_0701058701_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang hasil observasi dan wawancara di SD Negeri 1 Cengkok, yang menunjukan pembelajaran IPA pada kompetensi dasar struktur tumbuhan yang ada di kelas IV. Permasalahan yang ada di sekolah yaitu 1) guru yang masih dominaan menggunakan metode ceramah dalam proses KBM, 2) guru menjelaskan materi masih menggunakan buku yang sudah tersedia di sekolah, 3) guru hanya menggunakan media pembelajaran yang mudah di dapatkan, 4) aktivitas belajar rendah dan 5) hasil belajar pada pelajaran IPA pada materi struktur tumbuhan kurang optimal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media Pomi (Pohon Misteri) materi struktur tumbuhan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD (Research and Develoment). Model pengembangan yang digunakan pada perkembangan media Pomi (Pohon Misteri) yaitu ADDIE denan tahapan tahapan yaitu, 1) tahap analisis (analysis), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap Pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), 5) evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini menggunakan semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Cengkok yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menjabarkan hasil observasi dan wawancara, menghitung persentase hasil validasi ahli media dan ahli materi, menghitung persentase hasil kepraktisan dari ahli praktisi dan pendapat siswa serta menghitung rata-rata hasil pengerjakan soal evaluasi. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil kevalidan diperoleh kriteria sangat valid dengan skor ahli materi 86% dan ahli media 82%. Hasil uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan perolehan presentase skor sebesar 92% dari respon guru dan 90% dari respon siswa. Sedangkan pada uji keefektifan dengan menggunakan soal evaluasi memperoleh skor 84% sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa media Pomi (Pohon Misteri) ini sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif sehingga layak digunakan pada materi struktur tumbuhan untuk kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Visual, Pohon Misteri, Struktur Tumbuhan |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 796 Education measurement and evaluation |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | ida id cemara |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 03:55 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 03:55 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8978 |
Actions (login required)
View Item |