REZAL SAPUTRA, AHMAD and AHMAD MUHARRAM, NUR and JUNAIDI, SLAMET (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLAVOLI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_85201_18101090051.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_85201_18101090051_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (398kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (165kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_85201_18101090051_0703098802_00150668011_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Ahmad Rezal Saputra: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLAVOLI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA SISWA KELAS V SDIT NURUL ISLAM TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, PENJAS, FIKS UN PGRI Kediri, 2022. Kata kunci: service,bolavoli,PTK. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas V SDIT Nurul Islam Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 16 peserta didik terdiri dari 11 peserta didik putra dan 5 peserta didik putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan kelas ini prosentase untuk melihat kencenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil analisis menunjukan bahwa melalui model pembelajaran example non-example dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli dari pra siklus ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar servis atas permainan bolavoli yang ditunjukan siswa pada siklus I aspek kognitif menunjukkan peningkatan sebesar 27,08% dimana terdapat 9 siswa atau sebesar 77,08% masuk dalam kategori tuntas sedangkan untuk aspek psikomotor menunjukan peningkatan sebesar 18,75% dimana terdapat 10 siswa atau sebesar 62,50% masuk dalam kategori tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa lebih baik. Aspek kognitif mengalami peningkatan sebesar 4,17% dari siklus I dan 31,25% dari prasiklus sedangkan aspek psikomotor mengalami peningkatan sebesar 25,00% dari siklus I dan 43,75% dari prasiklus. Pada siklus II aspek kognitif terdapat 13 siswa atau sebesar 81,25% masuk kategori tuntas, 3 siswa atau sebesar 18,75 % siswa masuk kategori belum tuntas dan untuk aspek psikomotor terdapat 14 siswa atau sebesar 87,50% masuk kategori tuntas, 2 siswa atau sebesar 12,50 % siswa masuk kategori belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan model pembelajaran example non-example dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli pada siswa kelas V SDIT Nurul Islam Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | service,bolavoli,PTK. |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 765 Sports science 900 Other sciences > 900 Other sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Ahmad Rezal Saputra |
Date Deposited: | 12 Feb 2023 00:12 |
Last Modified: | 12 Feb 2023 15:08 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8927 |
Actions (login required)
View Item |