PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 1 KOTA KEDIRI

Hayya, Alifya Rahma and SAIDAH, KARIMATUS and MUJIWATI, ENDANG SRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_18101100002.pdf - Accepted Version

Download (14MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_18101100002_SIMILARITY.pdf - Accepted Version

Download (338kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Ref)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_01_front_ref.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_02.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_03.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_04.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_05.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_06_ref.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_18101100002_0710039103_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota diketahui bahwa guru saat pembelajaran IPA menggunakan media seadanya contohnya untuk pembelajaran IPA mengenai jenis ruas daun, guru hanya menunjukan jenis daun yang ada di sekolah seperti daun manga dan guru hanya mengambarkan dipapan tulis bentuk dan bagian tubuh tumbuhan kemudian diterangkan struktur dan fungsinya dari daun tersebut. Akibatnya berdampak pada kurangnya antusias dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran khususnya pelajaran IPA siswa pun menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan hasil pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu nilai siswa kurang sesuai dengan KKM. Hal itu dibuktikan dengan hasil belajar siswa, bahwa dari 25 siswa ada 16 atau 68% dari total siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 yang kurang dari KKM. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Kevalidan media pembelajaran flashcard materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana Keefektifan media pembelajaran flashcard materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 kota Kediri? (3) Bagaimana respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran flashcard materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 kota Kediri? Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran flashcard untuk materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan.Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajara flashcard mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, 5) Tahap Evaluasi.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Lirboyo 1 Kota Kediri.Teknik pengumpulan data angket dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan skala likert. Simpulan hasil penelitian ini sebagai berikut media pembelajaran flashcard dinyatakan sangat valid setelah dilakukan validasi oleh ahli media dengan skor 89% dan ahli materi dengan skor 87,27% sehingga tergolong dalam kriteria sangat valid. Untuk mengetahui keefektifan media flashcard dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa sesudah menggunakan media flashcard sebanyak 25 siswa mendapat nilai rata-rata 93 dan telah melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dari hasil angket respon guru memperoleh hasil persentase sebesar 92% kriteria ini menunjukan peringkat sangat baik dan respon siswa pada uji coba terbatas memperoleh persentase sebesar 87,5% dengan katagori sangat baik dan hasil rata-rata respon siswa secara uji coba luas memperoleh persentase sebesar 89% dengan katagori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flashcard dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Flashcard, Bentuk dan Fungsi Bagian Tumbuhan
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Alifya Rahma Hayya
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:33
Last Modified: 10 Feb 2023 03:34
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8908

Actions (login required)

View Item View Item