SUJARWOKO, SUJARWOKO Metode Diskusi Sokratik dalam Pembelajaran Sastra. In: Prosiding Seminar Nasional Nitisastra III. Universitas Negeri Malang, Malang, pp. 376-384.
Text
Sampul, Editor, Daftar Isi, dan Artikel.pdf Download (5MB) |
|
Text (Hasil Uji Plagiasi Turnitin)
Metode Diskusi Sokratik dalam Pembelajaran Sastra.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran, amat penting pemilihan metode yang sesuai dengan karakteristik materi dan tingkat kemampuan peserta didik. Materi sastra memiliki karakteristik tersendiri dibanding dengan materi yang lain. Yang paling menonjol dalam pembelajaran sastra, siswa dituntut untuk memiliki karakter kepekaan terhadap nilai rasa bahasa. Metode diskusi sokratik, sangat sesuai diterapkan dalam pembelajaran sastra. Metode ini akan berusaha melatih kepekaan nilai rasa bahasa dengan menanggapi pertanyaan-pertanyaan sokratik mulai dari pertanyaan tingkat rendah, sedang, dan tinggi dalam mencermati unsur-unsur karya sastra. Pertanyaan-pertanyaan sokratik akan membimbing peserta didik menyusun pola pikir, mengekspresikan jawaban yang tepat, dan menyimpulkan hasil pemikirannya. Tanya jawab diskusi sokratik dapat dilakukan antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dalam kelompok kecil, besar, bahkan dengan dirinya sendiri. Materi diskusi sokratik dipilih berdasarkan yang diminati siswa yang berusaha menghubungkan dengan pengalamannya sendiri.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | 500 Linguistics > 520 Linguistics 500 Linguistics > 521 Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sujarwoko Sujarwoko |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 06:56 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 06:56 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8857 |
Actions (login required)
View Item |