SUJARWOKO, SUJARWOKO (2020) Implementasi Asesmen Otentik dengan Metode Diskusi Socratic. In: UNSPECIFIED UNSPECIFIED.
Text
Sampul, Editor, Daftar Isi, dan Artikel.pdf Download (8MB) |
|
Text (Hasil Uji Plagiasi Turnitin)
Implementasi Asesmen Otentik dengan Metode Diskusi Socratic.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran di sekolah selama ini lebih banyak mengukur ranah kognisi. Idealnya pengukuran dilakukan dengan menyeimbangkan ranah kognisi, afeksi, dan psikomotor. Dalam hal tersebut, pemilihan metode pembelajaran sangat mendesak untuk memenuhi tuntutan tersebut. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode diskusi sokratik sangat relevan untuk mengukur keseimbangan ketiga ranah tersebut. Diskusi sokratik merupakan metode tanya jawab antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan siswa dengan dirinya sendiri. Metode ini dipandang sebagai penilaian otentik mengingat tingkat pertanyaan disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dalam aktivitas keseharian, yang sering dialami siswa. Dengan begitu, metode diskusi sokratik di samping dapat mengukur tingkat kemampuan siswa juga sekaligus dapat membangkitkan minat pembelajaran secara mandiri dan kelompok serta siswa lebih percaya diri karena setiap jawaban akan mendapatkan penghargaan dan nilai serta tidak ada satu jawaban pun yang disalahkan.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | 500 Linguistics > 520 Linguistics 500 Linguistics > 521 Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sujarwoko Sujarwoko |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 06:42 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8854 |
Actions (login required)
View Item |