Penerapan Model Think-Pair-Share Didukung Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar

Febrianti, Adysti Niken and SAMIJO, SAMIJO and SULISTYONO, BAMBANG AGUS (2022) Penerapan Model Think-Pair-Share Didukung Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional MIU. pp. 365-373. ISSN 978-602-60762-2-9

[img] Text (Article)
84202_0713087101_Article.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (702kB)
[img] Text (Similarity)
84202_0713087101_Similarity.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text (Peer Review)
84202_0713087101_Peer Review.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan akar-akar persamaan kuadrat setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share yang didukung oleh media power point interaktif pada siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas ada 25 siswa dan perolehan data penelitian dari skor observasi kepercayaan diri siswa dan nilai postest siswa. Hasil menunjukkan (1) terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share didukung media power point interaktif, ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas eksperimen 57,9 meningkat dari kelas kontrol dengan 43,2, lalu dapat dibuktikan dari sig(2-tailed) = dan (maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share didukung media power point interaktif, ditunjukkan dari rata-rata nilai hasil belajar (postest) pada kelas eksperimen 84,6 meningkat dari kelas kontrol dengan 42.3, lalu dapat dibuktikan dari sig(2-tailed) = dan ( maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 772 Mathematics education
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Agus Sulistyono
Date Deposited: 18 Jan 2023 13:16
Last Modified: 18 Jan 2023 13:16
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8828

Actions (login required)

View Item View Item