PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Jamaludin, Ahmad and Helilintar, Risa and Ramadhani, Risky Aswi (2022) PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_55201_19103020138P.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + Refrences)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (451kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text (Refrences)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_55201_19103020138P_0721058902_0708049001_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_55201_19103020138P_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (896kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia lebih menekankan pada siswa untuk memahami berbagai jenis teks dan menulis teks. Terkadang guru memiliki kendala dalam proses penilain siswa dalam menentukan paham tidaknya siswa dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini masih menggunakan proses manual yaitu melihat penilaian guru dalam menentukan siswa tersebut paham atau tidak. Penilain guru dalam mata pelajaran cerpen dilakukan secara manual dengan kriteria penilaiannya berupa gagasan, kesesuaian dengan tema, gaya bahasa atau penulisan, dan struktur teks, dimana dalam gagasan dinilai berdasarkan gagasan berupa orisinalitas karya, kreativitas, aktual, dan tentang menarik. Solusi yang harus diambil yaitu guru membutuhkan proses penentuan penilaian siswa, dimana untuk menentukan siswa yang paham dan tidak dalam proses pembelajaran yang diberikan. Proses belajar mengajar pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran cerpen sangatlah penting agar tercapainya pemahaman peserta didik dalam materi yang telah diberikan oleh guru, merupakan fungsi dari adanya seorang pendidik. Sumber data diperoleh dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan oleh seorang pendidik dan siswa pada SMAN 4 Kediri. Metode klasifikasi yang digunakan adalah Algoritma C4.5, adapun kategori penilaian yang digunakan dibagi menjadi 4 yaitu gagasan, kesesuaian dengan tema, gaya bahasa/penulisan, struktur teks memenuhi syarat. Jumlah data yang digunakan dalam sebuah penelitian sebanyak 100 data dengan hasil perhitungan nilai entropi dan gain untuk menentukan paham tidaknya siswa. Diperoleh hasil jumlah perhitungan dengan ketentuan siswa paham sebanyak 83 dan siswa yang tidak paham sebanyak 17 siswa dengan hasil entropi sebesar 0,6577 dan memperoleh nilai gain tertinggi sebesar 0,1663 pada kategori kesesuaian dengan tema, dimana siswa dapat dikategorikan paham jika memiliki nilai kategori baik atau sangat baik lebih dari 2 kategori agar disimpulkan menjadisiswa yang paham dan siswa dapat dikategorikan tidak paham maksimal mendapatkan nilai kurang sebanyak 2 kategori atau lebih agar dapat disimpulkan menjadi siswa yang kurang paham.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Algoritma C 4.5, Bahasa Indonesia, Data Mining
Subjects: 410 Engineering science > 457 Computer engineering
410 Engineering science > 458 Technical information
410 Engineering science > 473 Mining engineering (mining engineering)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika
Depositing User: jamaludin jamaludin jamaludin
Date Deposited: 14 Sep 2022 09:53
Last Modified: 14 Sep 2022 09:53
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item