Kurniati, Shakina Dwi and DARSONO, DARSONO and NURFAHRUDIANTO, AAN (2020) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_13101100151.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (844kB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_13101100151_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (212kB) |
|
Text (References)
RAMA_86206_13101100151_071001641_0724077901_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_13101100151_071001641_0724077901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (292kB) | Request a copy |
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan: penerapan metode Index Card Match terhadap hasil belajar melakukan perkalian dan pembagian sampai dua angka pada siswa kelas II SDN Jantok Tahun Ajaran 2019/2020. Artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui lima tahap, yaitu: (1) Pengumpulan data; (2) Penentuan sampel; (3) Pencatatan data; (4) Reduksi; dan (5) Penarikan kesimpulan. Sumber data dalam artikel ini adalah jurnal dan buku yang berkaitan dengan penerapan metode index card match pada pembelajaran matematika kelas rendah Sekolah Dasar. Data tersebut memberikan gambaran mengenai hasil belajar perkalian dan pembagian sampai dua angka dengan menerapkan metode index card match. Pada penelitian yang pernah dilakukan metode index card match dapat meningkatkan aktivitas siswa karena dapat menumbuhkan kegembiraan pada siswa saat kegiatan belajar mengajar, saat proses belajar siswa lebih aktif dan terlihat lebih senang saat pembelajaran berlangsung, sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat sesuai dengan taraf ketuntasan belajar. Selain itu metode index card match dapat meningkatkan aktivitas guru, karena dapat mengoordinasi proses belajar siswa. Kesimpulan artikel menunjukkan bahwa: metode index card match layak digunakan untuk pembelajaran matematika khususnya materi perkalian dan pembagian karena dengan menggunakan metode index card match sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Index Card Match, Hasil Belajar Perkalian Dan Pembagian Sampai Dua Angka |
Subjects: | 410 Engineering science > 455 Control engineering (or instrumentation and control) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Shakina Dwi Kurniati |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 06:02 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 06:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/858 |
Actions (login required)
View Item |