PENGEMBANGAN MEDIA PANDUAN CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI

Chalimatussaidah, Chalimatussaidah and ARIYANTO, RESTU DWI and KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PANDUAN CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS X DI SMA PAWYATAN DAHA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_18101010027.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86201_18101010027_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (References)
RAMA_86201_18101010027_0705128801_0717115901_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (410kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_18101010027_0705128801_0717115901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (585kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan self management menggunakan cinematherapy dengan 4 aspek self mangement yaitu dorongan diri, pengorganisasian diri, kendali diri, perkembangan diri. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dimodifikasi dari 10 tahapan menjadi 6 tahap yaitu pada tahap uji lapangan karena sesuai dengan tujuan serta kebutuhan peneliti. Peneliti mengambil sampel dengan cara purposive sampling dan mendapatkan 8 orang siswa kelas X di SMA Pawyatan Daha Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala psikologi. Uji validitas memperoleh hasil 38 item pernyataan valid dan uji reabilitas sebesar 0,731. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji interater agreement Gregory dengan persentase sebesar 83% untuk ahli media, persentase sebesar 77% untuk ahli materi, dan persentase sebesar 88% untuk pengguna produk yaitu guru BK dengan kategori layak digunakan. Selanjutnya produk di implementasikan kepada siswa dengan menggunakan uji Desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan 3 aspek yaitu aspek kegunaan skor awal 80% dan skor akhir 91%, aspek kemudahan skor awal 74% dan skor akhir 82%, dan aspek kemenarikan skor awal 75% dan skor akhir 87% dikatakan memperoleh nilai yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan cinematherapy untuk meningkatkan self management siswa layak dan diterima baik secara teori maupun praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self management, media BK, cinematherapy
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Ima Chalimatussaidah
Date Deposited: 11 Sep 2022 04:49
Last Modified: 11 Sep 2022 08:16
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/8522

Actions (login required)

View Item View Item